Israel pulangkan aktivis kapal Freedom Flotilla

Gaza, SPNA - Komite Internasional Anti-Blokade Israel mengumumkan, pihak otoritas Israel mulai memulangkan sebagian aktivis yang tergabung dalam kapal Freedom Flotilla.

BY 4adminEdited Wed,01 Aug 2018,11:36 AM

Gaza, SPNA - Komite Internasional Anti-Blokade Israel mengumumkan, pihak otoritas Israel mulai memulangkan sebagian aktivis yang tergabung dalam kapal Freedom Flotilla. Kapal yang mengkampanyekan pembebasan Gaza dari bokade Israel tersebut ditahan Angkatan Laut Israel dua hari lalu dalam perjalanannya menuju Gaza.

Ketua Komite Internasional Anti-Blokade Israel, Zaher Birawi, dalam konferensi persnya (Selasa, 31/07/2018) mengatakan, sejumlah aktivis telah dideportasi ke negara mereka. Di antaranya seorang Profesor dari Malaysia Mohamed Efendi Saleh.  Sedangkan lainnya akan dipulangkan hari ini.

Sebagian aktivis menolak untuk dipulangkan, mereka memilih bertahan selama 72 jam untuk hadir di Pengadilan Israel demi mengekpos perlakuan keras militer ketika menyandera kapal Freedom Flotilla. Mereka nantinya juga berniat untuk mengangkat perkara tersebut ke pengadilan internasional, dengan tuduhan bahwa Israel melakukan penangkapan di jalur perairan internasional.

Zaher Birawi juga telah menerima pengakuan dari para aktivis. Mereka diperlakukan semena-mena oleh militer, termasuk Kapten Kapal, asisten, serta para aktivis yang berada dalam kapal saat penangkapan berlangsung.

Salah seorang aktivis Swedia Divina Leverini melakukan aksi mogok makan, sebagai bentuk protes atas perlakuan tentara Israel saat menahan mereka.

(T.HN/S:Sawa)

leave a reply
Posting terakhir