Mantan wakil kepala Mossad bongkar rahasia dibalik UU 'negara bangsa Yahudi’

Mantan wakil kepala Mossad Ram bin Barak membongkar rahasia di balik UU ‘negara bangsa Yahudi yang di sahkan oleh anggota Knesset Israel.

BY 4adminEdited Fri,03 Aug 2018,12:38 PM

PNN - Yerusalem

Yerusalem, SPNA –Mantan wakil kepala Mossad Ram bin Barak membongkar rahasia di balik UU ‘negara bangsa Yahudi' yang di sahkan oleh anggota Knesset Israel.

Barak mengatakan tujuan dari RUU tersebut adalah sebagai langkah awal untuk menguasai seluruh wilayah tepi barat Palestina. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam sebuah status twiter yang di-update pada hari Kamis (02/08/2018).

Parlemen Israel (Knesset), Kamis (19/07/2018), mengesahkan undang-undang kontroversial yang menjadikan Israel sebagai negara bangsa Yahudi. Salah seorang anggota Parlemen Israel berdarah Arab, Aiman ‘Audah, dalam forum mengangkat bendera hitam, sebagai bentuk protes  terhadap keputusan dewan parlemen.

Undang-undang ini dapat ditafsirkan dengan sederhana, bahwa hanya Yahudilah yang berhak menentukan arah kebijakan negera tersebut, tanpa mempertimbangkan etnis lain.

RUU tersebut disahkan melalui dukungan 62 anggota Parlemen, sementara 55 lainnya berada di kubu yang berseberangan. Di antara poin penting yang dicantumkan dalam kanun tersebut, bahasa Ibrani akan menjadi bahasa negara Israel. Padahal sebelumnya, sejak 1948, bahasa Arab dan Ibrani sama-sama dipakai dalam dokumen resmi negara.

Proses pengembangan pemukiman Yahudi juga dianggap sebagai nilai-nilai dasar nasionalisme negara tersebut. Mereka membuka pintu sebesar-besarnya bagi warga Yahudi dunia untuk menjadi warga negara Israel.

Knesset juga tidak lupa  mencantumkan poin terkait Yerusalem, sesuai dengan RUU tersebut Yerusalem secara keseluruhan sah menjadi ibu kota Israel.

(T.HN/S:PNN)

leave a reply
Posting terakhir