Komite Nasional Anti-Blokade: Kapal ‘Freedom for Gaza’ Swedia mendekati Gaza

London, SPNA - Komite Nasional Anti-Blokade Israel mengumumkan, kapal ‘Freedom for Gaza’ dari Swedia 60 mil lagi menuju Gaza. Kapal ‘Freedom for Gaza’ ....

BY adminEdited Sat,04 Aug 2018,12:34 PM

London, SPNA - Komite Nasional Anti-Blokade Israel mengumumkan, kapal ‘Freedom for Gaza’ dari Swedia 60 mil lagi menuju Gaza. Kapal ‘Freedom for Gaza’ tersebut merupakan kedua dari tiga kapal yang berlayar ke Gaza untuk mengkampanyekan pembebasan Gaza dari blokade Israel.

Zaher Birawi yang menjabat sebagai ketua Komite Nasional Anti-Blokade memperingati awak kapal dan para aktivis dari gangguan Angkatan Laut Israel. Petugas keamanan laut Israel beberapa hari lalu menahan kapal Freedom Flotilla di perairan internasional dalam perjalanannya ke Gaza.

Mereka diperlakukan semena-mena oleh militer Israel, termasuk kapten kapal, asisten, serta para aktivis yang berada di dalamnya. Salah seorang aktivis Swedia Divina Leverini setelah penangkapan melakukan aksi mogok makan, sebagai bentuk protes atas penganiayaan tentara Israel saat melakukan penghadangan.

Kapal ‘Freedom For Gaza’ membawa 12 aktivis dari beberapa negara, kebanyakannya dari Swedia. Juga tergabung dalam grup tersebut seorang kru Press Tv London.

Komite juga mengumumkan bahwa seluruh aktivis kapal Freedom Flotilla, yang berjumlah 22 orang,  telah dideportasi ke negaranya masing-masing oleh otoritas Israel. Mereka ditangkap dalam perjalananya ke Gaza pada hari Minggu (29/07/2018).

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply