Puluhan ribu warga Druze gelar demonstrasi di Tel Aviv tolak UU negara bangsa Yahudi

Tel Aviv, SPNA - Ribuan warga Yahudi dan Druze anti-pemerintah menggelar demonstrasi di pusat ibu kota Israel, Tel Aviv, untuk memprotes Hukum Kenegaraan Yahudi,

BY adminEdited Sun,05 Aug 2018,10:23 AM

Tel Aviv, SPNA - Ribuan warga Yahudi dan Druze anti-pemerintah menggelar demonstrasi di pusat ibu kota Israel, Tel Aviv, untuk memprotes Hukum Kenegaraan Yahudi, yang disahkan oleh Knesset dua minggu lalu.

Sejumlah media Israel memperkirakan jumlah partisipan mencapai lebih dari 50.000 orang yang membawa bendera Israel dan Druze.

Pemimpin spiritual sekte Druze Syaikh Muwafiq Tarif dalam pidatonya mengatakan: ‘’Tidak ada yang perlu menasehati kami terkait loyalitas, pemakaman prajurit adalah saksi, namun meskipun kami setia  terhadap negara, tetap saja pemerintah memandang kami setengah mata. ‘’

“Sebagaimana perjuangan kami untuk menjaga keutuhan dan keamanan negara kami juga akan berjuang untuk menjaga identitas dan hak untuk hidup dalam  persamaan dan martabat.”

Undang-undang kenegaraan Yahudi yang disahkan Knesset bulan lalu menjadi salah satu dasar penting dari hukum  Israel.

UU tersebut menyatakan bahwa Israel adalah ‘’negara bangsa Yahudi” tanpa memandang persamaan atau demokrasi.

Berdasarkan hukum tersebut Yahudi adalah warga kelas satu yang lebih diprioritaskan. Mereka mengklaim, bahwa tanah Palestina, dalam sejarahnya adalah milik bagsa Yahudi dan mereka berhak menentukan nasib mereka sendiri di negaranya.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir