Mahmud Abbas dukung Arab Saudi terkait konfliknya dengan Kanada

Ramallah, SPNA - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan rakyat dan pemerintah Palestina senantiasa memberi dukungan kepada Arab Saudi yang dipimpin ....

BY adminEdited Tue,07 Aug 2018,10:49 AM

Ramallah, SPNA - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan rakyat dan pemerintah Palestina senantiasa memberi dukungan kepada Arab Saudi yang dipimpin Raja Salman dan putra mahkotanya Muhammmad bin Salman.

Mahmoud Abbad mengutuk berbagai usaha yang mencoba mencampuri urusan pribadi negara lain. Hal tersebut disebutnya bertentangan dengan kedaulatan sebuah negara.

Ia mengutuk keras campur tangan Kanada terhadap kebijakan lokal Arab Saudi. Presiden Palestina tersebut juga mengajak negara-negara arab lainnya untuk mengambil sikap yang sama.

Situ berita ‘BBC’ menyebutkan, Kementerian Luar Negeri Kanada minggu lalu mengkritik kebijakan Arab Saudi yang melakukan penangkapan terhadap beberapa aktivis hak asasi perempuan Saudi. Salah satunya Samar Badawi, aktivis perempuan berkewarganegaraan Amerika.

Para aktivis tersebut mengkritik sistem perwalian laki-laki terhadap perempuan yang diberlakukan di Saudi.

Kritikan tersebut mengundang kemarahan dari pihak kerajaan Arab Saudi. Hal tersebut dianggap mencampuri urusan negara lain, dan bertentangan dengan kedaulatan sebuah negara.

Arab Saudi langsung mengambil sikap tegas dengan mengusir Duta Besar Kanada di Saudi dan  menarik Duta Besarnya di Kanada. Saudi juga mengumumkan pembekuan kerjasama kedua negara, baik dalam bidang komersial maupun investasi.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply