AS berusaha menahan $ 200 juta bantuan untuk Palestina

Washington, SPNA - Amerika Serikat berusaha menahan $ 200 juta bantuan langsung yang diperuntukkan bagi warga sipil Palestina di Gaza dan Tepi Barat Barat, ....

BY 4adminEdited Sat,11 Aug 2018,11:31 AM

Washington, SPNA - Amerika Serikat berusaha menahan $ 200 juta bantuan langsung yang diperuntukkan bagi warga sipil Palestina di Gaza dan Tepi Barat Barat, setelah sebelumnya memangkas kontribusi Amerika ke badan PBB yang mendukung pengungsi Palestina, sebuah Badan Kebijakan Luar Negeri melaporkan pada hari Jumat (11/08/2018).

Beberapa sumber berita online mengatakan bahwa keputusan mengenai pemotongan itu diambil dalam pertemuan tingkat tinggi awal pekan ini, yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Jared Kushner, menantu Presiden Donald Trump dan Penasihat Timur Tengah.

Penangguhan bantuan langsung AS merupakan jalur vital kemanusiaan bagi para pengungsi Palestina dan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan politik dan keamanan di kawasan itu. Amerika Serikat telah memangkas bantuannya kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk para pengungsi Palestina yang dikenal sebagai UNRWA untuk kontribusi tahunannya sebesar $ 360 juta oleh lebih dari 80 persen menjadi $ 60 juta.

Keputusan untuk menahan $ 200 dalam bantuan langsung bertepatan dengan gelombang pemotongan gaji dan PHK terhadap ratusan lembaga PBB dan lembaga internasional lainnya yang bekerja di Tepi Barat dan Gaza. Bulan lalu, karyawan Palestina mengambil alih UNRWA di markas Timur Dekat di Gaza, setelah mengumumkan PHK.

Menurut laporan FP, Kongres telah menyetujui bantuan swasta senilai $ 230 juta bagi para pengungsi Palestina, tetapi Gedung Putih telah memutuskan akan meminta para anggota parlemen untuk menangguhkan sebagian besar bantuan yang disetujui tersebut.

Kantor berita Jerman, Deutsche Welle mengatakan dalam sebuah laporan bahwa pemotongan bantuan sudah mulai mengorbankan UNRWA, yang bergantung pada pendanaan berkelanjutan untuk mendukung 5 juta pengungsi Palestina di seluruh Timur Tengah.

Sebuah laporan terpisah dari FP pekan lalu mengatakan, mereka telah memperoleh email internal dari Gedung Putih yang menyarankan bahwa Kushner dan pejabat Gedung Putih lainnya sedang mengeksplorasi cara-cara untuk membongkar UNRWA yang, ia yakin, akan memperkuat negosiasi untuk perdamaian.

Banyak LSM yang bekerja di Tepi Barat dan Gaza akan merasakan dampak dari pemotongan bantuan AS ini. Termasuk CARE, Catholic Relief Services, International Medical Corps, dan Mercy Corps, yang menyediakan makanan, peralatan medis dan layanan bagi para pengungsi Palestina.

(T.RA/S: APP)

leave a reply
Posting terakhir

UNRWA: Bantuan Negara Arab Turun dari 200 Juta Menjadi 20 Juta Dolar Per Tahun

Abu Hasna juga menunjukkan bahwa Inggris mengurangi bantuannya sebesar 60 persen, mencatat bahwa sumber keuangan UNRWA belum berkembang dan anggaran tidak meningkat, sedangkan terjadi peningkatan jumlah pengungsi Palestina dan kebutuhan mereka, yang berdampak negatif bagi negara penampung pengungsi Palestina, para pengungsi, serta kualitas pelayanan.