PBB: Kerugian akibat perang Suria mencapai 388 miliar dolar

Beirut, SPNA - Perang saudara di Suriah yang berlangsung selama tujuh tahun telah merugikan negara tersebut senilai 388 miliar dolar yang terdiri atas kerusakan ekonomi dan sosial, ....

BY 4adminEdited Sat,11 Aug 2018,11:33 AM

Beirut, SPNA - Perang saudara di Suriah yang berlangsung selama tujuh tahun telah merugikan negara tersebut senilai 388 miliar dolar yang terdiri atas kerusakan ekonomi dan sosial, Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia Barat (ESCWA) mengumumkan, KAmis (09/08/2018).

"Nilai kerusakan berasal dari perang Suriah mewakili volume kehancuran dalam modal fisik dan distribusi sektoralnya," ESCWA menjelaskan.

Organisasi PBB tersebut mencatat bahwa biaya kerusakan material, termasuk kerusakan jalan, infrastruktur, rumah dan benda fisik lainnya, diperkirakan mencapai $ 120 miliar.

Angka ini, ESCWA menunjukkan, tidak termasuk "kerugian akibat kematian penduduk atau hilangnya kompetensi manusia dan tenaga kerja terampil karena pengungsian, yang dianggap paling penting dalam sektor ekonomi Suriah".

Selama dua hari terakhir, lebih dari 50 ahli Suriah dan internasional telah bertemu di ibu kota Lebanon di Beirut sebagai tanggapan atas undangan ESCWA untuk membahas kebijakan rekonstruksi pasca-perang di Suriah.

Perang sipil di Suriah telah memaksa setengah dari 24 juta penduduk negara itu untuk berimigrasi, sementara ratusan ribu lainnya terbunuh.

ESCWA menambahkan bahwa pertemuan itu digelar karena lembaga tersebut akan mempublikasikan laporan rinci pada bulan September dengan berjudul "Suriah: Tujuh Tahun Perang," yang akan mencakup analisis ekstensif dari konflik serta dampak sosial dan ekonominya.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir