Cegah perang, pemerintah Israel minta AS tidak menghentikan bantuan untuk UNRWA di Gaza

Betlehem, SPNA -  Pemerintah Israel meminta Amerika Serikat agar tidak mengurangi anggaran UNRWA, khususnya di Gaza.

BY 4adminEdited Mon,13 Aug 2018,10:08 AM

Betlehem, SPNA -  Pemerintah Israel meminta Amerika Serikat agar tidak mengurangi anggaran UNRWA, khususnya di Gaza.

Mereka menilai pengurangan anggaran tersebut akan memperburuk situasi di Jalur Gaza serta menimbulkan pecahnya konfrontasi baru antara Israel dan Gaza.

Surat kabar Israel, Yisrael Heyom, Minggu (12/08/2018) mengutip pernyataan seorang pejabat pemerintah Israel bahwa hal ini telah disampaikan kepada pemerintah Trump sejak beberapa bulan lalu namun masih dalam pertimbangan.

Sejak awal tahun 2018, pemerintah Donald Trump  mengurangi anggaran untuk UNRWA secara signifikan, karena menganggap UNRWA mengabadikan masalah pengungsi Palestina, daripada mendorongnya untuk maju.

Sebelumnya pemerintah AS sempat meminta pendapat Israel untuk dari merevisi kembali kebijakan tersebut.  Namun sejumlah lembaga keamanan Israel memaparkan berbagai masalah yang diakibatkan oleh UNRWA.

Mereka juga menyatakan  tidak keberatan dengan mengurangi anggaran kegiatan UNRWA di Tepi Barat, karena masih ada organisasi lain yang akan mengambil posisi mereka.

Namun mereka meminta Amerika Serikat untuk tidak memotong anggaran UNRWA terhadap Gaza,  karena tidak ada pihak yang bersedia menggantikan kinerja badan PBB untuk menanggulangi pengungsi Palestina tersebut.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir