Pasca pembukaan Jalur Karim Abu Salim, PBB: Blokade Israel belum berakhir

Gaza, SPNA - PBB menganggap bahwa dibukanya jalur penyeberangan Karim Abu Salim di Selatan Gaza, tidak berarti blokade Israel sudah berakhir.

BY adminEdited Thu,16 Aug 2018,01:01 PM

Gaza, SPNA - PBB menganggap bahwa dibukanya jalur penyeberangan Karim Abu Salim di Selatan Gaza, tidak berarti blokade Israel sudah berakhir.

 Juru bicara atas nama Sekretaris Jenderal PBB, Rabu (15/08/2018)mengatakan, “Meski Jalur penyeberangan Karim Abu Salim telah dibuka, masih banyak tekanan lainya yang dilakukan Israel terhadap penduduk Gaza.”

Dalam konferensi persnya, juru bicara PBB tersebut menyebutkan, sejak 9 Juli lalu sampai Selasa (14/08) Israel tidak mengizinkan bahan makanan, obat-obatan dan bahan bakar untuk lewat ke Gaza. Barang produksi Gaza juga tidak bisa diangkut ke luar Gaza.

Otoritas Israel, Selasa (14/08/2018) mengeluarkan keputusan untuk membuka kembali jalur penyeberangan Karim Abu Salim hari ini, Rabu (15/08).

Para pengusaha Gaza mendapat informasi bahwa Israel akan membuka jalur penyeberangan seperti sebelum 10 Juli lalu. Barang-barang akan mulai dipasok ke Gaza hari ini, termasuk bahan bakar. 

Menteri Keamanan Israel, Avigdor Lieberman, mengatakan jalur penyeberangan akan tetap dibuka selama warga Gaza tidak mengganggu warga Yahudi yang tinggal di wilayah perbatasan Gaza.

Selain jalur penyeberangan Karim Abu Salim, Israel juga memperluas area penangkapan ikan bagi para nelayan Gaza menjadi sembilan mil dari pantai.

(T.HN/S:Gazaalan)

leave a reply
Posting terakhir