New York Times: Perlu 8 tahun agar surat bisa sampai ke Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA - Butuh waktu hingga delapan tahun agar surat-surat dan paket bisa sampai kepada warga Palestina di Tepi Barat, New York Times melaporkan.

BY 4adminEdited Sat,18 Aug 2018,11:44 AM

Tepi Barat, SPNA - Butuh waktu hingga delapan tahun agar surat-surat dan paket bisa sampai kepada warga Palestina di Tepi Barat, New York Times melaporkan.

Surat, yang telah tertahan di Yordania, mulai dibebaskan ke Otoritas Palestina pada hari Senin lalu, menurut pernyataan dari pejabat Palestina. Beberapa di antaranya rusak parah akibat penundaan tersebut.

Israel mengontrol semua barang yang masuk dan keluar dari wilayah Palestina, dan Israel Postal Service akan memilah pesan yang ditujukan ke Tepi Barat dan Jalur Gaza,menurut New York Times. Untuk keamanan, Israel secara teratur memblokir barang yang memasuki area tersebut.

Pada tahun 2016 telah dibuat kesepakatan yang mengharuskan surat-surat yang dikirim diterima langsung oleh layanan pos Palestina, namun kesepakatn itu tidak pernah dijalankan.

Surat akhirnya bisa dikirim setelah negosiasi panjang dengan Israel, kata Allam Moussa, menteri komunikasi dan teknologi informasi Otoritas Palestina, dan Yordania memainkan peran berpengaruh dalam pengiriman tersebut.

Surat yang baru dikirim akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk dipilah, menurut New York Times. Foto-foto di situs web Pos Palestina menunjukkan lantai gudang yang tertutup oleh kantong-kantong surat, beberapa di antaranya menumpuk sampai setinggi bahu.

Israel dan Otoritas Palestina menandatangani perjanjian tahun lalu untuk membatasi penyitaan pengiriman surat ke Tepi Barat, lembaga tersebut dalam sebuah pernyataan.

(T.RA/S: Fast Forward)

leave a reply
Posting terakhir