Turki bangun Kedutaan Besar di Paraguay

Ankara, SPNA -  Paraguay mengkonfirmasi bahwa Turki akan membuka kantor Kedutaan Besarnya di kota Asunción, Paraguay. Kebijakan Turki tersebut diumumkan satu hari setelah Presiden ...

BY 4adminEdited Sat,08 Sep 2018,10:28 AM

Ankara, SPNA -  Paraguay mengkonfirmasi bahwa Turki akan membuka kantor Kedutaan Besarnya di kota Asunción, Paraguay. Kebijakan Turki tersebut diumumkan satu hari setelah Presiden Paraguay Mario Abdo Benítez memindahkan kembali Kedutaan Besarnya dari Yerusalem ke Tel Aviv.

Menteri Luar Negeri Paraguay, Luis Castelloni, dalam pertemuan pers, Kamis (06/09//2018) mengatakan, Turki menunjukkan dukungannya terhadap Paraguay dengan mendirikan Kedutaan Besar di  Asunción.

Sehari sebelumnya, Rabu (05/09/2018), Luis mengumumkan bahwa negaranya telah memutuskan untuk menarik kembali Kantor Kedutaan mereka untuk Israel dari Yerusalem ke Tel Aviv. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga perdamaian dan menciptakan stabilitas di Timur Tengah.

Paraguay memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 21 Mei lalu, mengikuti langkah Amerika Serikat dan Guatemala.

Sampai saat ini belum ada kesepakatan tertulis antara Palestina dan Israel terkait status Yerusalem. Amerika melalui The Deal of The Century memaksakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Perubahan kebijakan Paraguay terjadi seiring berakhirnya masa jabatan mantan Presiden Paraguay Horacio Cartes pada 15 Agustus lalu, dan digantikan oleh Mario Abdo Benítez.

Konflik Palestina-Israel semakin meruncing pasca pengakuan resmi Presiden Amerika Donald Trump pada 6 Desember tahun lalu, terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Donald Trump ketika itu berjanji akan memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem. Meskipun langkah tersebut bertentangan dengan keputusan PBB.

Status Yerusalem masih saja menjadi polemik antara Palestina dan Israel. Padahal Resolusi Internasional telah menetapkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina, dan bagian baratnya untuk Israel. Akan tetapi Israel tidak puas, mereka ingin menguasai seluruh wilayah Yerusalem.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir