Arab Saudi beli Iron Dome dari Israel

Riyadh, SPNA - Surat kabar Khaled Online, Kamis (13/09/2018) melaporkan bahwa Arab Saudi berencana ....

BY adminEdited Thu,13 Sep 2018,11:26 AM

Riyadh, SPNA - Surat kabar Khaled Online, Kamis (13/09/2018) melaporkan bahwa Arab Saudi berencana membeli sistem pertahanan rudal canggih, Iron Dome Israel.

Khaleej Online melaporkan dari sumber diplomasi yang tidak disebutkan namanya bahwa pembelian Iron Dome Israel merupakan buah kesepakatan politik antara Riyad dan Tel Aviv dimana kepercayaan keduanya mencapai kepada kerjasama militer dan kesepakatan untuk membeli senjata berat yang lebih maju.

Dalam sebuah pertemuan tertutup antara Saudi, AS dan Israel beberapa waktu lalu,  Saudi berupaya melobi Israel untuk menjual Iron Dome tersebut melalui mediator yang merupakan tokoh berpengaruh di Amerika Serikat

Diawal pembahasan Israel menolak menjual Iron Dome tersebut ke Negara arab dengan dalih hal ini dapat membahayakan keamanan dan kepentingan Israel di kawasan.

Namun setelah lobi dari Washington akhirnya mereka menyetujui penjualan Iron Dome untuk Arab Saudi.

Saudi dilaporkan akan membayar Israel dengan biaya tinggi hingga mencapai puluhan juta dolar.

Keduanya juga sepakat agar sistem pertahanan tersebut tidak membahayakan Israel dan koalisinya di kawasan dimana kesepakatan tersebut akan memasuki tahap pelaksanaan Desember mendatang.

(T.RS/S:i24News)2011

Jack Guez (AFP/File)

leave a reply