PBB kucurkan satu juta dolar untuk menanggulangi krisis listrik di Gaza

Gaza, SPNA - Koordinator bidang kemanusiaan PBB Jimmy McGoldrick, Senin (17/09/2018), mengumumkan Badan Kemanusiaan PBB mengucurkan satu juta USD dari Dana Kemanusiaan wilayah Palestina untuk menghidupkan kembali pelayanan publik ...

BY 4adminEdited Tue,18 Sep 2018,12:08 PM

Gaza, SPNA - Koordinator bidang kemanusiaan PBB Jimmy McGoldrick, Senin (17/09/2018), mengumumkan Badan Kemanusiaan PBB mengucurkan satu juta USD dari Dana Kemanusiaan wilayah Palestina untuk menghidupkan kembali pelayanan publik di Gaza, khususnya bagian kesehatan.

McGoldrick mengatakan dana sebesar satu juta USD akan dicairkan untuk menopang infrastruktur publik di Gaza. Dana tersebut cukup untuk menjamin keberlangsungan layanan kesehatan, air minum dan sanitasi selama satu bulan setengah.

Diperlukan solusi jangka panjang untuk menyediakan bahan bakar yang diperlukan oleh instansi kesehatan dan pelayanan publik lainnya yang bersifat darurat. “Penduduk Gaza berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.” Kata McGoldrick.

Ia menambahkan bahwa dana tersebut sangatlah urgen demi menyelamatkan para pasien yang sedang dirawat di beberapa rumah sakit.

Dalam laporan badan PBB tersebut diberitakan aliran listrik di Gaza terputus selama 20 jam dalam sehari. Kondisi ini membutuhkan 950 ribu liter bahan bakar darurat setiap bulannya.

Kas dana bantuan kemanusian Palestina di PBB untuk tahun 2018 telah habis tersalurkan. Dana tersebut terakhir kali diserahkan pada tangagal 5 September lalu.

Meski demikian Gaza masih mengharapkan dukungan lebih. Gaza membutuhkan sekitar dua juta USD untuk menjamin pelayanan masyarakat sampai akhir 2018.

(T.HS/S: albawabhnews)

leave a reply
Posting terakhir