Kereta api Al-Haramain Express hubungkan Mekah dan Madinah

Riyadh, SPNA - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, Selasa (25/09/2018), ...

BY adminEdited Thu,27 Sep 2018,01:01 PM

Riyadh, SPNA - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, Selasa (25/09/2018), meresmikan kereta api Haramian Express yang menghubungkan Mekah dan Madinah. Kereta tersebut akan mulai beroperasi dalam beberapa minggu ke depan.

Situ berita Arab Saudi ‘Saudi Press Agency’ memberitakan bahwa Raja Salman secara resmi membuka stasiun kereta api Haramain di Jedah untuk mengangkut Jemaah haji dan umrah. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pangeran, menteri dan tamu dari Kementerian Transportasi.

Kereta cepat tersebut akan menjadi yang pertama di Saudi, ia akan menempuh perjalanan sejauh 450 km menghubungkan lima stasiun yang tersebar di Mekah, Jeddah, Bandara Internasional King bin Abdul Aziz, King Abdullah Economic City dan Madinah.

Kereta tersebut diprediksi mampu mengangkut 60 juta penumpang dalam setahun dengan menggunakan 35 kerata. Masing-masing kereta api berkapasitas 417 penumpang. Jarak Mekah-Madinah yang biasa ditempuh selama empat jam, kini hanya butuh dua jam untuk sampai ke kota Nabi tersebut.

Tujuan dari proyek tersebut untuk menyediakan transportasi yang cepat dan aman. Diharapkan kehadiran kereta api ini dapat memberikan kenyamanan bagi warga Saudi sendiri dan pendatang, terutama Jemaah haji dan umrah.

Proyek kereta api Al-Haramian Express ini merupakan salah satu proyek dari mega proyek ‘Saudi Vision 2030’. Sebuah visi yang diusung pemerintah  Arab Saudi untuk mengembangkan ekonomi dan tidak lagi bergantung kepada minyak tanah, serta memperbanyak jumlah pengunjung dari Jemaah haji dan umrah.

(T.HN/S:Paltimes)

leave a reply
Posting terakhir