Jusuf Kalla di Sidang Majelis Umum PBB: Indonesia akan terus dukung Palestina sampai merdeka

New York, SPNA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa Indonesia ....

BY 4adminEdited Sat,29 Sep 2018,09:41 AM

New York, SPNA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa Indonesia akan terus konsisten mendukung Palestina hingga merdeka.

Hal ini disampaikan Kalla dalam sidang Majelis Umum PBB ke 73 yang dimulai Selasa lalu dan akan berakhir 1 Oktober mendatang di New York.

Kalla mengajak masyarakat dunia untuk diam atas apa yang terjadi di Palestina serta mengajak kedua pihak melakukan negosiasi yang menjamin solusi dua Negara dan perdamaian.

Hubungan Palestina dan Israel yang didukung AS memburuk akibat langkah politik mereka yang merugikan Palestina.

Awal Desember lalu Trump mendeklarasikan bahwa Al-Quds ibukota resmi Israel. Meskipun ditentang Majelis Umum PBB, AS juga bersikeras merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut Mei lalu.

Selain itu Pemerintah Israel juga menetapkan UU Negara Kebangsaan Yahudi dimana penganut Yahudi adalah satu-satunya yang berhak menetukan masa depan di wilayah yang diduduki Israel.

Hal ini ditentang pemerintah Palestina yang sejak dulu telah menyatakan bahwa Yerusalem Timur (mencakup Masjid al-Aqsa) adalah ibukota Negara.

Akibatnya, Pemerintah AS menghentikan aliran dana terhadap UNRWA yang telah menampung 5 juta pengungsi Palestina sejak 1948 silam.

Selain itu AS juga menutup kantor perwakilan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington serta mengusir Dubes Palestina di AS minggu lalu.

Minggu lalu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam wawancara dengan radio Israel, menyatakan akan terjadi ledakan masa di Tepi Barat. 

Pernyataan Abbas tersebut juga dibenarkan oleh Ketua Staf Tinggi Angkatan Darat Israel, Gadi Eizenkot. 

Eizenkot juga menambahkan bahwa tekanan terhadap pemerintah Palestina yang dilakukan Amerika Serikat akan memberikan dampak negatif terhadap Israel.

 “Keputusan Amerika Serikat menghentikan dana bantuan terhadap pemerintah Palestina akan memberikan dampak buruk terhadap Israel serta mengacaukan situasi di kawasan,’’ ujarnya.

 (T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir