Israel beli saham di perusahaan pipa gas Mesir-Israel

Delek Drilling Israel dan Noble Energy AS, Kamis (27/09/2018), menyepakati pembelian saham di Eastern Mediterranean Gas (EMG) yang memiliki saluran pipa gas antara Israel dan Mesir, media setempat melaporkan.

BY adminEdited Sun,30 Sep 2018,01:59 AM

MEMO - Kairo

Kairo, SPNA - Delek Drilling Israel dan Noble Energy AS, Kamis (27/09/2018), menyepakati pembelian saham di Eastern Mediterranean Gas (EMG) yang memiliki saluran pipa gas antara Israel dan Mesir, media setempat melaporkan.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua perusahaan memperoleh 39 persen saham dalam EMG Mesir untuk $ 518 juta, yang memungkinkan Israel untuk mengekspor gas alam ke Mesir pada awal 2019, kata Radio Israel.

Delek Drilling dan Noble Energy, yang bersama-sama mengembangkan ladang gas Tamar dan Leviathan Israel, membayar $ 185 juta sementara Gas Timur Mesir membayar $ 148 juta untuk membeli saham di EMG.

General Petroleum Corporation Mesir saat ini memiliki 68,4 persen saham EMG sementara perusahaan Israel, Merhav, memiliki 25 persen saham, dan perusahaan Israel Ampal Israel memiliki 6,6 persen saham perusahaan.

Menurut ketentuan kesepakatan, EMG setuju untuk membatalkan semua tuntutan hukum yang diajukan terhadap Mesir atas pembatalan kesepakatan gas dengan Israel beberapa tahun lalu, kata Delek Drilling dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah transaksi bersejarah yang menjadikan Mesir sebagai pusat energi regional dan posisi itu sejalan dengan pusat-pusat energi global yang signifikan," kata CEO Delek Drilling, Yossi Abu.

Pada bulan Februari, Mesir dan Israel menandatangani perjanjian $ 15 miliar di mana Tel Aviv akan memasok Kairo 64 miliar meter kubik gas alam selama sepuluh tahun.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply