Syekh Sa’id bin Ali Al-Qahtani, penulis kitab Hishnul Muslim meninggal dunia

Saudi Arabia, SPNA - Penulis kitab terkenal ‘Hishnul Muslim’, Syekh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahtani meninggal dunia ....

BY 4adminEdited Tue,02 Oct 2018,02:28 PM

Saudi Arabia, SPNA - Penulis kitab terkenal ‘Hishnul Muslim’, Syekh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahtani meninggal dunia pada usia 67 tahun. Beliau menghembuskan nafas terakhir kemarin pagi (Senin, 01/10/2018) akibat penyakit kronis yang dideritanya selama hampir sebulan.

Shalat jenazah dilakukan setelah Asar di masjid Al-Rajhi yang terletak di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Kemudian dikebumikan di pemakaman Al-Naseem.  

Pemeriksaan medis sebulan lalu menunjukkan bahwa Syekh Al-Qahtani menderita penyakit kronis. Beliau divonis mengalami kanker hati. 

Media lokal Saudi ‘Sabq’ menyebutkan Syekh Al-Qahtani telah berkecimpung dalam ilmu pengetahuan agama sejak kecil. Karya-karyanya sangat terkenal dan sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing. Ia juga memiliki ratusan kitab lainnya dalam bidang fikih.

Hishnul Muslim merupakan salah satu kitabnya yang paling terkenal. Kitab tersebut telah dicetak jutaan exemplar  dan dimiliki oleh hampir setiap muslim dunia. Selain bentuknya simple, kitab tersebut juga berisikan zikir dan doa yang sering dipakai sehari-hari, seperti zikir pagi dan petang, doa Istikharah dan lain-lain yang beliau kumpulkan dari Al-Quran dan Hadis.

Syekh Al-Qahtani lahir pada tahun 1951. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ushuluddin, Univ. Imam Muhammad bin Saud, beliau kemudian berhasil meraih gelar magister dengan judul tesis ‘Hikmah dalam berdakwah’. Lalu berlanjut ke jenjang doktor dengan judul disertasi ‘Fiqih Dakwah dalam Kitab Sahih Imam Bukhari.’

Pegiat Twiter menyampaikan kabar duka tersebut dengan membuat hashtag atas nama beliau (#سعيد_بن_علي_بن_وهف_القحطاني).

(T.HN:S:Eremnews)

leave a reply
Posting terakhir

Universitas Harvard: Al-Quran Adalah Kitab Keadilan Terbaik

Universitas Harvard Amerika Serikat menyatakan bahwa Al-Quran adalah salah satu kitab terbaik yang berbicara soal keadilan. Hal ini disampaikan setelah dilakukan riset panjang intensif terkait undang-undang keadilan didalam Al-Quran, seperti dilansir The World Muslim Communities Council melalui Twitter.