Galang dana untuk Gaza, para aktivis bersepeda dari Boston menuju New York City

Boston, SPNA - Ajang bersepeda Cycling4Gaza (C4G), yang akan berlangsung mulai 3-7 Oktober 2018, akan memulai perjalanan dari Boston di pantai timur AS dan naik 400 kilometer ...

BY 4adminEdited Wed,03 Oct 2018,11:01 AM

Boston, SPNA - Ajang bersepeda Cycling4Gaza (C4G), yang akan berlangsung mulai 3-7 Oktober 2018, akan memulai perjalanan dari Boston di pantai timur AS dan naik 400 kilometer menuju selatan New York City. Perjalanan ini bertujuan untuk mengumpulkan dana sebesar $ 200.000 yang akan disumbangkan ke Bantuan Medis untuk Palestina (MAP) guna mendukung hampir dua juta warga Palestina yang tinggal di Jalur Gaza yang terkepung.

Ketua Cycling4Gaza, Zara Hannoun, menjelaskan, "Setelah mengunjungi Jalur Gaza pada bulan Maret lalu, (saya menyadari) bahwa kondisi orang-orang yang tinggal di Gaza, meskipun keadaan mereka yang mengerikan dan akses yang terbatas untuk semua kebutuhan dasar manusia,” namun mereka masih “memberi cinta dan dukungan kepada keluarga mereka, memberi perhatian dan bantuan kepada teman-teman dan tetangga mereka dan memberikan hidup mereka untuk kebebasan mereka. Lalu bagaimana mungkin kita tidak berbuat lebih banyak (untuk mereka)?"

Hannoun menambahkan, “Bergabung dengan komite C4G membuat saya menyadari antusiasme dan dedikasi saya dalam bekerja untuk suatu tujuan, bahwa saya mendefinisikan kesuksesan dengan menghadirkan senyuman di wajah anak-anak, dan merasa berhasil saat bisa menyatukan orang-orang yang berbeda."

Perjalanan tahun ini sangat penting karena menandai tahun kesepuluh Cycling4Gaza. Badan amal itu didirikan di tengah serangan brutal Israel tahun 2008 di Gaza, yang dijuluki Operasi Cast Lead, di mana 1.391 warga Palestina gugur. Dalam operasi yang sama, lima pasukan Israel dan tidak ada warga sipil Israel yang tewas.

Sejak 2008, badan amal ini telah mengayuh lebih dari 3.000 kilometer di sepuluh negara, dengan mengumpulkan lebih dari $ 1,95 juta untuk Gaza. Tahun lalu C4G bersepeda sepanjang 240 kilometer melalui Spanyol, dari Ávila ke ibukota Spanyol Madrid, menghasilkan lebih dari $ 200.000 untuk proyek-proyek kesehatan mental di Gaza. Masalah kesehatan mental di Gaza sangat akut - anak-anak yang berusia 12 tahun telah mengalami tiga serangan di Jalur Gaza, meninggalkan banyak orang dengan trauma yang berkepanjangan. Mengingat bahwa lebih dari 40 persen penduduk Gaza berusia di bawah 15 tahun, ini berarti sekitar 800.000 anak-anak berisiko menderita trauma psikologis jangka panjang akibat dari perang dan kekerasan.

Tercatat pula badan amal lainnya melakukan perjalanan bersepeda guna mengumpulkan uang untuk Gaza. Pada bulan Agustus ratusan orang berpartisipasi dalam Big Ride for Palestine, yang bersepeda selama tiga hari sebelum tiba di luar Gedung Parlemen di London. Seperti Cycling4Gaza, Big Ride terinspirasi oleh pengepungan Israel yang terus berlangsung terhadap daerah kantong Palestina dan kekejaman yang dilakukan selama Operation Protective Edge 2014. Salah satu penyelenggara Big Ride, Owen mengatakan kepada MEMO bahwa dia "marah karena melihat rumah sakit, sekolah dan pusat PBB dibom tanpa pandang bulu oleh Israel, dan ingin mengubah ketidakpercayaan saya menjadi tindakan." Dia melihat kegiatan seperti Big Ride dan Cycling4Gaza sebagai hanya satu cara untuk mengambil tindakan, dan menekankan bahwa “untuk peduli tentang Palestina, Anda hanya perlu menjadi manusia."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir