Dua warga tewas dan 376 cedera dalam aksi demo di perbatasan Gaza

Gaza, SPNA - Dua warga Palestina meninggal dan 376 cedera, Jumat sore (05/10/2018), dalam aksi demo di perbatasan timur Gaza yang .....

BY adminEdited Sat,06 Oct 2018,10:44 AM

Gaza, SPNA - Dua warga Palestina meninggal dan 376 cedera, Jumat sore (05/10/2018), dalam aksi demo di perbatasan timur Gaza yang dikenal dengan istilah The Great March of Return.  Korban berjatuhan akibat serangan brutal militer Israel terhadap warga yang sedang berunjuk rasa menuntut kembali tanah yang dicaplok Israel.

Dua korban yang meninggal menurut informasi dari Kementerian Kesehatan adalah Mahmud Akram Abu Sam’an (24 tahun) dan seorang anak berusia 12 tahun Faris Hafidh As-Sarsawiy.

Kementerian Kesehatan mengumumkan warga yang terluka mencapai 376 orang. 126 di antaranya terluka akibat terkena peluru hidup Israel. Dua ambulans dan satu tenda medis ikut rusak terkena serangan militer Israel serta seorang media juga terluka parah.

Ribuan warga berdatangan dari berbagai daerah di Gaza ke perbatasan untuk melakukan aksi demo pekanan yang selalu diadakan pada hari Jumat sore.

Sebanyak 197 warga Palestina Gaza meninggal dan 21.600 terluka sejak aksi tersebut pertama kali digelar pada akhir Maret lalu (30/03/2018). Selain menuntut kembali ke tanah yang dicaplok Israel, warga juga menuntut pemblokiran blokade Israel yang telah membuat warga Gaza menderita selama 12 tahun.

Militer Israel pada hari Kamis baru saja mengumumkan akan meningkatkan penjagaan di perbatasan Gaza untuk mengantisipasi gelombang demonstran.

(T.HN/S:Paltoday)

leave a reply