Ribuan warga Britania Raya demonstrasi di kota London dengan membawa anjing

London, SPNA - Ribuan warga Britania dengan membawa anjing melakukan unjuk rasa di depan gedung Parlemen Britaniya Raya memprotes keputusan Parlemen untuk keluar dari Uni Eropa,

BY adminEdited Tue,09 Oct 2018,10:19 AM

London, SPNA - Ribuan warga Britania dengan membawa anjing melakukan unjuk rasa di depan gedung Parlemen Britaniya Raya memprotes keputusan Parlemen untuk keluar dari Uni Eropa, Minggu (07/10/2018). Mereka menuntut pemerintahan untuk meninjau kembali keputusan untuk keluar dari Uni Eropa.

Warga membawa bermacam jenis anjing dalam aksi di pusat kota London tersebut. Di badan salah satu anjing terikat slogan “Gonggongan Brexit gila”. Istilah brexit dipakai sebagai rencana Uni Eropa untuk keluar dari Uni Eropa.

Penyelenggara aksi protes yang disebut dengan “Wooferendum” mengatakan anjing-anjing tersebut akan menderita dengan keluarnya Britaniya Raya dari keanggotaan Uni Eropa, disebabkan kekurangan dokter hewan dan mahalnya harga pakanan.

Dalam perjalanan menuju gedung Parlemen mereka membuat anjing mereka mengencingi foto tokoh-tokoh pendukung Brexit. Seperti mantan Menteri Luar Negeri Boris Johnson dan mantan pimpinan Partai Kemerdekaan Britania Raya (UKIP) Nigel Farage.

Pengunjuk rasa mengajak warga untuk melakukan aksi yang lebih besar, menuntut pengulangan voting untuk menentukan kebijakan terkait keanggotaan Britania di Uni Eropa.

Pada 23 Juni 2016 Britania mengadakan referendum Brexit untuk memutuskan keanggotaannya di Uni Eropa. Referendum tersebut diikuti oleh 30 juta pemilih, 51,9% di antara mereka memilih keluar  dan 48,1% memilih untuk tetap tergabung dengan Uni Eropa.

Setelah mengajukan pengunduran diri, Britania Raya diberikan waktu hingga tengah malam tanggal 30 Maret 2019, Waktu Eropa Tengah, untuk meninggalkan Uni Eropa secara resmi. 

(09/10/2018)

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply