UNESCO tetapkan resolusi dukung Palestina

Yerusalem, SPNA - Riyad Maliki mengatakan bahwa Dewan Eksekutif UNESCO di Paris menetapkan ....

BY adminEdited Thu,11 Oct 2018,11:44 AM

Yerusalem, SPNA - Riyad Maliki mengatakan bahwa Dewan Eksekutif UNESCO di Paris menetapkan resolusi mendukung Palestina dengan suara bulat.

Menteri Luar Negeri Palestina tersebut menjelaskan, UNESCO dalam sidang yang digelar di Paris, Rabu (10/10/2018) menetapkan bahwa Palestina adalah negara yang dijajah oleh Israel.

UNESCO juga menyerukan dunia internasional untuk melindungi  peninggalan sejarah, kebudayan dan pendidikan Palestina serta membongkar pelanggaran Israel Israel terhadap situs sejarah khususnya di Masjid Al-Aqsa, Gereja Kelahiran Yesus dan Masjid Bilal bin Rabah di Betlehem, Masjid Ibrahimi di Hebron serta Jalur Gaza.

“Perusakan sekolah dan larangan aktivitas belajar mengajar bagi siswa Palestina di Khan al-Ahmar akan menjadi perhatian UNESCO.’’

Maliki juga menyampaikan terima kasih kepada negara anggota UNESCO yang membela warisan kebudayaan Palestina.

“Pemerintah Palestina akan bekerjasama dengan UNESCO. Kami siap menyambut delegasi badan pendidikan dan kebudayaan PBB tersebut dalam melakukan penelitian pelanggaran hukum yang dilakukan Israel terhadap situs sejarah di Palestina khususnya di kota suci Yerusalem,” tambahnya.

Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay juga diundang untuk mengunjungi Palestina serta melihat lebih dekat situasi di lapangan.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply