PBB seru dunia internasional hentikan pencaplokan Israel di Tepi Barat

Pelapor Khusus PBB tentang Hak Asasi Manusia di wilayah Palestina, Michael Link, mengatakan sudah tiba waktunya bagi masyarakat internasional mengambil sikap tegas untuk menghentikan Israel dari pencaplokan sebagian besar wilayah Tepi Barat melalui perluasan permukiman dan inisiatif legislatif.

BY 4adminEdited Fri,26 Oct 2018,11:39 AM

Paltoday) - New York

New York, SPNA – Pelapor Khusus PBB tentang Hak Asasi Manusia di wilayah Palestina, Michael Link, mengatakan sudah tiba waktunya bagi masyarakat internasional mengambil sikap tegas untuk menghentikan Israel dari pencaplokan sebagian besar wilayah Tepi Barat melalui perluasan permukiman dan inisiatif legislatif.

Dalam sebuah laporan kepada Majelis Umum PBB, Link memperingatkan dalam konferensi pers pada hari Rabu (24/10/2018) bahwa apabila hal tersebut tidak dilakukan kemungkinan besar Israel akan memformalkan aneksasi dalam hukum domestik.

"Dalam lima dekade penjajahan, Israel telah menetapkan tapak kedaulatannya di seluruh Tepi Barat," tambahnya

Dia menekankan bahwa konstruksi dan perluasan permukiman, di samping langkah-langkah legislatif yang ingin melegalkan pencaplokan, merupakan tindakan illegal.

Link juga menyatakanbahwa Knesset mengadopsi sejumlah undang-undang tahun lalu, yang melegalkan pencaplokan. Terdapat juga kebijakan-kebijakan terbaru mereka yang berusaha untuk menerapkan hukum "Israel" di Tapi Barat.

Utusan PBB tersebut turut melaporkan situasi hak asasi manusia di Gaza yang sebagai buruk.Konflik ekonomi dan kemanusiaan terus berlanjut, lebih dari 200 warga Palestina dibunuh militer Israel.

PBB pernah mengatakan pada tahun 2012 lalu, bahwa Gaza tidaklagi layak pakai  pada tahun 2020 akibatputusnya aliran listrik, kesulitan air bersih dan runtuhnya kehidupan ekonomi rakyat.

Link menyeru komunitas internasional untuk mendesak semua pihak, terutama Israel, untuk segera mengakhiri bencana ini.

(T.HN/S:Paltoday)

leave a reply
Posting terakhir

11 Negara Eropa Menuntut Israel Hentikan Pencaplokan Tepi Barat

Dilansir Rt Arabic (15/07) melalui petisi yang ditujukan kepada Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan dan Keamanan Luar Negeri,  Josep Borrell, mereka mengatakan bahwa aneksasi oleh Israel terhadap wilayah Palestina di Tepi Barat  menimbulkan kekhawatiran besar bagi Uni Eropa.