Hamas bantah tudingan penghentian mediasi Mesir yang disebarkan media Israel

Kelompok Palestina Hamas pada hari Sabtu (27/10/2018) membantah laporan media Israel tentang penghentian mediasi Mesir antara faksi-faksi yang berbasis di Gaza dan Israel.

BY 4adminEdited Sat,27 Oct 2018,10:39 AM

Anadolu Agency - Gaza

Gaza, SPNA - Kelompok Palestina Hamas pada hari Sabtu (27/10/2018) membantah laporan media Israel tentang penghentian mediasi Mesir antara faksi-faksi yang berbasis di Gaza dan Israel.

"Upaya Mesir yang bertujuan untuk mencapai gencatan senjata di Gaza masih berlangsung," kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan, "Hamas tidak meminta Kairo untuk menghentikan upayanya."

Media Israel melaporkan pada hari Jumat bahwa kelompok Palestina, yang memerintah Jalur Gaza, telah meminta Mesir untuk menghentikan mediasinya.

Delegasi dari dinas intelijen Mesir telah mengadakan diplomasi antar-jemput antara Gaza, Tepi Barat dan Israel dalam beberapa pekan terakhir, di mana mereka bertemu dengan para pejabat Hamas, Fatah dan pemerintah Israel.

Pembicaraan itu merupakan bagian dalam upaya mencapai gencatan senjata antara Hamas dan Israel di satu sisi dan mencapai rekonsiliasi internal Palestina.

Pada hari Jumat, pesawat tempur Israel melakukan serangkaian serangan udara di Jalur Gaza, mengutip serangan roket dari wilayah Palestina yang diblokir.

Sedikitnya lima orang Palestina meninggal dan puluhan orang terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes anti-pendudukan di sepanjang perbatasan Gaza.

Lebih dari 200 warga Palestina telah tewas dan ribuan lainnya terluka oleh pasukan Israel yang dikerahkan di dekat zona penyangga Gaza sejak unjuk rasa dimulai pada 30 Maret lalu.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply