Menteri Perumahan Israel: Perang Gaza adalah pilihan terakhir

Jalur Gaza, SPNA - Menteri Perumahan Israel,  Yoav Galant, menegaskan bahwa agresi militer terhadap....

BY adminEdited Tue,06 Nov 2018,10:21 AM

Jalur Gaza, SPNA - Menteri Perumahan Israel,  Yoav Galant, menegaskan bahwa agresi militer terhadap Gaza adalah alternatif terakhir jika semua langkah yang ditempuh gagal.

Galant menambahkan dalam simposium kebudayaan Israel, Sabtu (03/11/2018) bahwa Israel telah berhasil memberikan pukulan keras terhadap Hamas dan akan mengambil langkah yang sama di masa depan.

Ia menekankan bahwa peningkatan ekonomi  di Jalur Gaza membantu keamanan Israel.

Jalur Gaza adalah wilayah yang terisoliasi akibat blokade Israel yang telah berlangsung selama lebih dari 11 tahun.

Selain itu, Pemerintah AS bulan lalu juga menghentikan donasinya terhadap Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA yang merupakan tulang punggung sebagian besar rakyat Gaza.

Situasi sulit ini memaksa warga Gaza menggelar aski masal “Great March of Return”, menuntut Israel untuk menghapus blokade yang membuat warga Gaza sengsara serta memulangkan pengungsi Palestina ke tanah air.

Puluhan ribu warga Palestina yang tidak bersenjata dilaporkan berkumpul di perbatasan Gaza untuk menerobos pagar pembatas dan menembakkan layangan dan balon pembakar.

Sementara itu pasukan Israel menembaki para demonstran, wartawan dan tim medis secara membabi buta.

Serangan dan tindak kekerasan pasukan pertahanan Israel (IDF) terhadap warga Gaza sejak 30 Maret silam hingga saat ini diperkirakan menelan 210 korban jiwa.

Hingga saat ini ucaha gencatan senjata antara Gaza dan Israel masih terus dilakukan oleh pemerintah Mesir.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir