Gencatan senjata Gaza dan Israel masuki tahap awal

Jalur Gaza, SPNA - Surat kabar Palestina Maannews, melaporkan bahwa gencatan senjata antara Hamas dan Israel yang dimediasi Mesir disusul bantuan terhadap Gaza ....

BY 4adminEdited Wed,07 Nov 2018,11:04 AM

Jalur Gaza, SPNA - Surat kabar Palestina Maannews, melaporkan bahwa gencatan senjata antara Hamas dan Israel yang dimediasi Mesir disusul bantuan terhadap Gaza  telah memasuki tahap awal dari pelakasanaannya. 

Berdasarkan keterangan sumber di Gaza, Selasa (06/11/2018) pembayaran gaji, suplai bantuan terhadap korban luka dan keluarga para syuhada serta proyek rekonstruksi adalah bagian dari langkah penting untuk mengurangi blokade terhadap Gaza.

Ia menambahkan bahwa tiga minggu ke depan akan menjadi waktu yang sangat penting dalam rekonsiliasi sesuai dengan gencatan senjata tahun 2014 silam.

Menurutnya pencabutan blokade terhadap Gaza secara total melibatkan otoritas Palestina dan pemeritah rekonsiliasi nasional.

Analis politik Mustafa al-Sawaf mengatakan  bahwa pendekatan yang dilakukan Mesir antara Hamas dan Israel membuahkan hasil.

Jalur Gaza adalah wilayah yang terisoliasi akibat blokade Israel yang telah berlangsung selama lebih dari 11 tahun.

Selain itu, Pemerintah AS bulan lalu juga menghentikan donasinya terhadap Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA yang merupakan tulang punggung sebagian besar rakyat Gaza.

Situasi sulit ini memaksa warga Gaza menggelar aski masal “Great March of Return”, menuntut Israel untuk menghapus blokade yang membuat warga Gaza sengsara serta memulangkan pengungsi Palestina ke tanah air.

Puluhan ribu warga Palestina yang tidak bersenjata dilaporkan berkumpul di perbatasan Gaza untuk menerobos pagar pembatas dan menembakkan layangan dan balon pembakar.

Sementara itu pasukan Israel menembaki para demonstran, wartawan dan tim medis secara membabi buta.

Serangan dan tindak kekerasan pasukan pertahanan Israel (IDF) terhadap warga Gaza sejak 30 Maret silam hingga saat ini diperkirakan menelan 210 korban jiwa.

Hingga saat ini ucaha gencatan senjata antara Gaza dan Israel masih terus dilakukan oleh pemerintah Mesir.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir