Departemen Pendidikan Qalqilya luncurkan kampanye membaca

Tepi Barat, SPNA - Departemen Pendidikan provinsi Qalqilya Palestina, meluncurkan program membaca...

BY adminEdited Tue,13 Nov 2018,12:29 PM

Tepi Barat, SPNA - Departemen Pendidikan provinsi Qalqilya Palestina, meluncurkan program membaca di salah satu sekolah dengan slogan “Ayah, bacakan untukku.”

Kepala Depertemen Pendidikan Qalqilya, Nailah Fahmawi mengatakan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Palestina. Serta mengajak para orang tua untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada anak-anaknya untuk membaca.

Keikutsertaan seorang ayah dalam membimbing anak membaca dapat membangun kedekatan antara ayah ,anak dan  pihak sekolah. Serta dapat meninggkat kualitas keilmuan sebuah tatanan masyrakat yang baru.

Pekan lalu, seorang gadis cilik asal maroko, Maryam Amjun, menjadi pusat perhatian media Arab setelah memenangi “lomba membaca” se-Arab 2018. Ia berhasil mengalahkan 10,5 juta siswa dan siswi dari 44 negara Arab.

Salah satu dari lima finalis yang bersaing di babak terakhir di Abu Dhabi berasal dari Palestina.

Pada usia yang masih Sembilan tahun, Maryam tidak hanya sebatas mampu berbahasa Arab dengan baik, akan tetapi ia bisa menghadirkan sastra dan kutipan-kutipan indah dari buku-buku yang ia baca.

Dalam sebuah wawancara di salah satu televisi di Abu Dhabi, Maryam mengaku telah membaca 200 buku selama 2018. Kecintaan membaca diwariskan dari ayahnya.

“Untuk menjadi lebah yang menghasilkan madu, tidak cukup dengan menghisap satu bunga, ia harus hinggap di ribuan bunga untuk mengambil saripatinya. Saya juga tidak bisa menjadi seorang yang mengetahui banyak hal hanya dengan membaca satu dua buku saja.” Kata Maryam.

Atas keberhasilannya, Maryam berhak mendapatkan hadiah sebesar 500 ribu dirham atau setara dengan 2 miliar rupiah. Ia juga mendapatkan piala penghargaan yang diserahkan langsung oleh Perdana Menteri Uni Emiret Arab Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

(T.HN/S:Wafa.ps)

leave a reply