Delegasi keamanan Mesir tiba di Gaza untuk membahas kelanjutan gencatan senjata

Delegasi keamanan Mesir di bawah pimpinan Kepala Urusan Palestina di Badan Intelijen Mesir, Ahmad Abdul Khaliq, Kamis sore (15/11/2018), tiba di Gaza untuk membahas kelanjutan gencatan senjata dengan pihak pejuang Palestina.

BY adminEdited Fri,16 Nov 2018,11:15 AM

PNN - Gaza

Gaza, SPNA – Delegasi keamanan Mesir di bawah pimpinan Kepala Urusan Palestina di Badan Intelijen Mesir, Ahmad Abdul Khaliq, Kamis sore (15/11/2018), tiba di Gaza untuk membahas kelanjutan gencatan senjata dengan pihak pejuang Palestina.

Delegasi Mesir tersebut dijadwalkan bertemu dengan pemimpin masing-masing faksi perjuangan Palestina untuk mendalami pembahasan tersebut.

Dalam kontek yang sama, stasiun TV Israel Channel 14 memberitakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga melakukan pertemuan dengan pihak Mesir di Yerusalem.Situs lokal Palestina “Paltoday.tv” menuliskan,pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Kepala Staf Angkatan Darat Israel.

Pejuang Palestina, Selasa sore (13/11/2018), mengakui menerima tawaran negosiasi untuk melakukan gencatan senjata dengan Israel.

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan, “Mesir lakukan negosiasi untuk menghentikan jual beli serangan antara pejuang Palestina dan militer Israel.”

Pejuang Palestina menegaskan komitmen mereka untuk menjaga perjanjian tersebut selama Israel tidak berusaha mengkhianatinya.

Berkat negosiasi yang sudah dilakukan sejak Senin (12/11/2018), Mesir berhasil mendinginkan suasana yang hampir memantik perang baru. Usaha Mesir ini mendapatkan apresiasi besar dari warga Gaza.

Eskalasi militer ini berlangsung akibat misi penangkapan salah satu pemimipin brigade Al-Qassam yang gagal dilakukan oleh pasukan khusus Israel di Khan Yunis. Baku tembak terjadi antara pasukan Israel (yang mendapatkan bantuan pesawat tempur) dengan pejuang Palestina. Tujuh warga Palestina meninggal dalam serangan tersebut.

(T.HN/S: PNN)

leave a reply
Posting terakhir