Jurnalis dunia berkumpl d Istanbul guna membahas kasus Palestina

Istanbul, SPNA - Sebuah konferensi besar dibuka di kota Istanbul Turki pada hari Sabtu (17/11/2018) yang bertujuan untuk meningkatkan .....

BY 4adminEdited Mon,19 Nov 2018,10:43 AM

Istanbul, SPNA - Sebuah konferensi besar dibuka di kota Istanbul Turki pada hari Sabtu (17/11/2018) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia mengenai perjuangan Palestina.

Diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut, konferensi yang berlangsung selama dua hari itu mengangkat tema "Palestina Memanggil Dunia", menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia.

"Kami di sini di Istanbul untuk membawa organisasi media di seluruh dunia bersama-sama meningkatkan kesadaran tentang kasus Palestina," Bilal Khalil, direktur forum, mengatakan kepada Anadolu Agency.

"Tujuan besar kami adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang universalitas Palestina dan menciptakan platform jejaring bagi para profesional media dari seluruh dunia," katanya.

Dia mengatakan, sekitar 700 wartawan dari 300 pers internasional dan organisasi media ikut serta dalam konferensi tersebut.

Hisham Qassim, Sekretaris Jenderal forum, mengatakan bahwa konferensi itu bertujuan untuk memobilisasi upaya penggiat media untuk membela perjuangan Palestina.

"Kami bekerja untuk meningkatkan kesadaran mengenai kasus Palestina di antara orang-orang dari seluruh dunia," katanya dalam pidato pembukaannya.

Dia mengatakan bahwa pertemuan itu "memberi kesempatan bagi media dan menekan orang-orang untuk bertemu dan bertukar pengalaman mereka dengan maksud untuk memahami kasus Palestina dan menyebarkan kebenarannya."

Dalam pidatonya, Qassim mengecam pelanggaran Israel yang sedang berlangsung terhadap jurnalis dan organisasi media di wilayah Palestina, yang terbaru adalah pemboman kantor pusat televisi Al-Aqsa di Jalur Gaza.

Awal pekan lalu, pesawat tempur Israel menembakkan setidaknya 10 rudal di televisi Al-Aqsa yang dikelola Hamas, yang menghancurkan gedung media tersebut seluruhnya.

Sejak akhir Maret, lebih dari 200 warga Palestina telah tewas dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes anti-pendudukan dekat perbatasan Jalur Gaza.

Menurut situs webnya, forum itu mengatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk meningkatkan koordinasi antara organisasi media Arab dan internasional untuk mendukung perjuangan Palestina dengan menyelenggarakan forum media, konferensi khusus, dan lokakarya pelatihan, serta mengoordinasi kampanye media.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir