Netanyahu berjanji bongkar Khan Ahmar dalam waktu dekat

Abu Dhabi, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Senin (19/11/2018), mengumumkan akan segera membongkar ....

BY 4adminEdited Tue,20 Nov 2018,01:31 PM

Abu Dhabi, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Senin (19/11/2018), mengumumkan akan segera membongkar salah satu kampung warga Palestina, Khan Ahmar, demi memenuhi permintaan pemimpin partai The Jewish Home, Naftali Bennett.

Netanyahu meralat pernyataannya bulan lalu yang telah membekukan kasus pembubaran Khan Ahmar.

Perubahan kebijakan ini tidak lepas dari usaha Netanyahu dalam memujuk Bennett untuk bertahan di perintahannya.

Senin kemarin, Bennett telah mengumumkan bahwa ia akan bertahan di pemerintahan dan memberikan Netanyahu kesempatan ke dua.

Sebagai syarat bertahannya Bennett di parleman Israel, ia meminta pemerintah untuk mengubah beberapa kebijakan menyangkut keamanan negara, salah satunya dengan menggusur warga Khan Al-Ahmar. Ia juga meminta militer Israel untuk menggunakan politik kekerasan di Gaza.

Penggusuran warga Khan Ahmar dilakukan atas alasan rumah-rumah tersebut berada di tanah negara Israel serta tidak memiliki izin resmi dari pemerintah.

Penduduk Khan Al-Ahmar aslinya berasal dari padang pasir Nagev yang kemudian tinggal di pinggiran Yerusalem. Mereka digusur dari tanah mereka oleh Israel tahun 1953.

Khan Ahmar terletak di antara beberapa permukiman Yahudi. Ia merupakan salah satu desa yang masuk dalam zona incaran Israel demi merealisasikan proyek perluasan wilayah yang disebut “E1”. Proyek untuk menguasai wilayah seluas 12 ribu donum (1 donum = 1000 meter2), mulai dari wilayah Yerusalem Timur sampai Laut Mati.

Ini juga merupakan bagian dari rencana Israel yang ingin memisahkan Tepi Barat Selatan dengan Tepi Barat Tengah.

(T.HN/S:Skynewsarabia)

leave a reply