Dukung Israel, Presiden Republik Czech bersikeras pindahkan kedubesnya ke Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Presiden Republik Czech, Miloš Zeman, bersikeras merelokasi kedutaan besar negaranya dari ....

BY 4adminEdited Tue,27 Nov 2018,09:51 AM

Yerusalem, SPNA - Presiden Republik Czech, Miloš Zeman, bersikeras merelokasi kedutaan besar negaranya dari Tel Aviv ke Yerusalem demi mendukung pendudukan Israel.

“Saya bukan diktator, namun saya akan berusaha merelokasi kedubes Czech ke Yerusalem, ‘’ ujarnya dalam sidang parlemen Israel, Senin (26/11/2018).

Zeman juga menyatakan akan membuka Pusat Kebudayaan Czech di Yerusalem sebagai langkah awal.

“Czech adalah sahabat terbaik bagi Israel, dan saya pribadi adalah sahabat Israel terbaik di negara saya, ‘’ ujarnya.

Berdasarkan keterangan Maannews, Miloš Zeman sejak beberapa tahun silam telah mengusulkan relokasi kedubes Israel ke Yerusalem.

Hal ini diperkuat setelah deklarasi Donald Trump bahwa Yerusalem ibukota bagi Israel dan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut, Mei silam.

Langkah AS ini membuat hubungan Palestina dan AS retak serta memancing kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Selain itu Majelis Umum PBB juga menentang AS melalui resolusi yang didukung 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir

Brazil ingin pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

Beberapa hari setelah terpilih sebagai Presiden Brazil,Jair Bolsonaro mengatakan berniat untuk memindahkan kedutaan besar Brazil untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pemindahan Kedubes ke Yerusalem berarti pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.