Anggota biro politik Hamas: Great March of Return akan berlanjut hingga tujuannya tercapai

Gaza, SPNA - Anggota biro politik gerakan Hamas, Khalil al-Hayya, menyatakan bahwa mediasi dengan otoritas pendudukan Israel ....

BY 4adminEdited Sun,02 Dec 2018,12:47 PM

Gaza, SPNA - Anggota biro politik gerakan Hamas, Khalil al-Hayya, menyatakan bahwa mediasi dengan otoritas pendudukan Israel untuk mencabut blokade atas Jalur Gaza masih berlaku, namun ia mengatakan bahwa Great March of Return akan terus berlangsung hingga tujuanya tercapai.

Hayya menyatakan hal tersebut kepada Palestinian Information Center (PIC) saat terlibat dalam aksi “Jumat Solidaritas untuk Rakyat Palestina”

Pejabat Hamas tersebut menekankan perlunya mencapai rekonsiliasi Palestina. Ia menggambarkannya sebgai sebagai syarat dan kebutuhan.

 “Dalam pertemuan dengan saudara kami di Mesir, kami menerangkan posisi bahwa posisi kami sesuai dengan seruan konsensus nasional demi tercapainya persatuan nasional. Sesuai pula dengan kesepahaman sebelumnya dan apa yang ditandatangani, khususnya kesepakatan pada 2011, serta penjelasan selanjutnya,” tutur Hayya.

Ia juga menyeru agar dihapuskannya sanksi yang diberlakukan oleh Otoritas Palestina terhadap Gaza. Langkah tersebut, tegasnya, sangat penting untuk mencapai rekonsiliasi nasional.

 “Mustahil untuk mengambil langkah menuju persatuan dan rekonsiliasi nasional sementara saksi tersebut masih dijatuhkan atas Jalur Gaza,’ imbuhnya.

 “Pihak Mesir telah menginformasikan mengenai posisi semua faksi, dengan segera meminta formasi pemerintahan nasional dan dewan nasional, serta melaksanakan pemilihan umum. Hal ini akan mengantarkan rakyat Palestina akan menyatakan keputusan terakhir mereka,” lanjutnya.

(T.RA/S: PIC)

leave a reply
Posting terakhir