Kepolisian Israel: PM Netanyahu terlibat dalam kasus suap

Tel Aviv, SPNA - Kepolisian  Israel, Minggu (02/12/2018) menyatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan istrinya, Sarah .....

BY adminEdited Mon,03 Dec 2018,11:34 AM

Tel Aviv, SPNA - Kepolisian  Israel, Minggu (02/12/2018) menyatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan istrinya, Sarah terlibat dalam kasus suap dengan pemilik sahap perusahaan komunikasi Israel, “Bezeq”, Shaul Elovitch, yang dikenal dengan kasus 4000.

Pihak penyidik dalam keterangan yang dilansir Times of Israel, Minggu (02/12/2018) menerangkan bahwa Netanyahu melalui sejumlah keputusannya membayar pemilik saham perusahaan komunikasi terbesar di Israel, Bezeq dengan ganti mendapatkan “citra baik” di situs berita Walla, yang dimiliki Elovitch.

 ‘’PM Israel dan istrinya, Sarah, secara rutin ikut campur dalam konten-konten yang disebarkan situs Walla – Israel.”

Kepolisian Israel dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan lembaga perbankan  yang ikut melakukan penyidikan selama 9 bulan terakhir mengatakan: ‘’Dugaan terkuat adalah PM Netanyahu menerima suap serta melakukan  intervensi mengeluarkan keputusan yang menguntungkan Shaul Elovitch dan perusahan Bezeq, disaat yang sama, Netanyahu secara langsung dan tidak langsung ikut campur dalam konten-konten Walla demi memperbaiki citra dirinya. “

“Perilaku tidak pantas antara Netanyahu dan Elovitch terpusat pada pencitraan media dibayar dengan sistem yang mengutungkan Elovitch, ‘’ seperti dikutip Time of Israel.

Pihak penyidik juga menyatakan memiliki bukti yang cukup untuk menggiring Netanyahu ke Pengadilan dengan tuduhan menerima suap, ketidakjujuran dan menerima keuntungan dengan cara menipu.”

Kasus Bezeq adalah salah 3 kasus yang membahayakan posisi Netanyahu dimana 2 sahabat dekatnya juga ikut bersaksi serta membenarkan tuduhan tersebut.

Sejumlah jurnalis Walla juga mengaku ditekan untuk menghapus berita-berita yang memperburuk citra Netanyahu.

Pihak kepolisian juga menuding bahwa Sarah Netanyahu terlibat dalam kasus suap dan penyalahgunaan kekuasaan. “Sarah Netanyahu ikut campur tangan dalam konten-konten situs Walla, bekerjasama dengan Iris Elovitch dan Elan Yoshua kepala eksekutif  kantor berita tersebut.”

“Kami punya cukup bukti untuk diajukan ke pengadilan terkait ketelibat Shaul dan Iris Elovitch, serta penanggung jawab Bezeq karena suap, mengganggu penyelidikan serta pencucian uang.”

(T.RS/S:TimeofIsrael)

leave a reply