Washington tentang resolusi PBB "diakhirinya pendudukan Israel di wilayah Palestina"

New York, SPNA - Pengucilan Washington di PBB kembali terjadi pada pada hari Kamis (06/12/2018) ketika satu dari enam negara menentang resolusi sidang umum PBB yang ....

BY 4adminEdited Sat,08 Dec 2018,01:05 PM

New York, SPNA - Pengucilan Washington di PBB kembali terjadi pada pada hari Kamis (06/12/2018) ketika satu dari enam negara menentang resolusi sidang umum PBB yang "menuntut diakhirinya pendudukan Israel di wilayah Palestina."

Presiden Majelis Maria Espinosa mengumumkan, “Hasil pemungutan suara adalah sebagai berikut - 156 mendukung, enam menolak, 12 abstain. Rancangan resolusi disetujui.

"Perdamaian Komprehensif, Adil dan Abadi dalam resolusi Timur Tengah, yang disponsori oleh Irlandia, mendesak diakhirinya pendudukan dan menegaskan kembali dukungan untuk solusi dua negara yang diusulkan.

Amerika Serikat dan Israel memilih menentang resolusi, seperti yang dilakukan Australia, Liberia, Kepulauan Marshall dan Nauru.

Persetujuan tersebut mengikuti permintaan sekretaris jenderal PBB Antonio Guterres pada pekan lalu, yang meminta Israel dan Palestina menyelesaikan konflik mereka secara damai dengan mendukung rencana solusi dua negara, yang membayangkan sebuah negara Palestina yang merdeka di samping negara Israel, di sebelah barat Sungai Yordan.

Selama beberapa dekade, Palestina telah berkonflik dengan pemerintah Israel atas penolakan Tel Aviv untuk beralih dari kata ke tindakan melalui solusi dua negara.

Bulan lalu, setidaknya 40 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan pasukan Israel di dekat perbatasan Jalur Gaza.

Sejak 1967, Israel telah menduduki wilayah Palestina di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza. Ia menolak mengakui Palestina sebagai negara merdeka untuk tujuan politik dan diplomatik.

Pasukan Tel Aviv telah menembak mati hampir 200 pemrotes sipil di Gaza dari posisi yang dibentengi di Israel.

Sebelumnya, majelis menolak untuk mengadopsi resolusi yang dirancang AS, yang mengutuk gerakan perlawanan Islami Palestina Hamas.

Digerakkan oleh duta besar AS Nikki Haley, draf satu sisi - resolusi sidang pertama yang ditujukan terhadap Hamas - mengutuk serangan roket kelompok itu terhadap Israel sementara mengabaikan serangan dan pemboman yang dilakukan Israel.

Sebelum pemungutan suara, sebuah pemungutan suara terpisah digelar untuk memutuskan mayoritas yang akan diperlukan untuk menyelesaikan resolusi.

Rancangan itu kemudian memperoleh 87 suara mendukung, 58 menentang dan 32 abstain, sehingga tidak mencapai mayoritas dua pertiga yang dibutuhkan. Semua negara-negara Arab memilih menentang resolusi.

(T.RA/S: Morning Star)

leave a reply
Posting terakhir