7.500 warga Israel datangi situs suci Yahudi di Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA - Lebih dari tujuh ribu warga Israel kunjungi situs-situs suci kepercayaan Yahudi di Tepi Barat, Senin pagi (10/12/2018). Kunjungan warga Israel .....

BY 4adminEdited Mon,10 Dec 2018,11:57 AM

Tepi Barat, SPNA - Lebih dari tujuh ribu warga Israel kunjungi situs-situs suci kepercayaan Yahudi di Tepi Barat, Senin pagi (10/12/2018). Kunjungan warga Israel terseut dikawal ketat oleh militer Israel.

Media Israel menyebutkan hampir 7.500 warga Yahudi datangi wilayah Halhul, As-Samu, masjid Ibrahimiah di Hebron dan kubur Yusuf di timur Neblus.

Militer Israel diserang dengan batu dan bom molotov oleh warga setempat ketika mereka mendatangi kubur Yusuf.

Media lokal Palestina melaporkan, warga Israel mendatangi kubur Yusuf untuk melakukan ritual talmuz dan berjoged dengan menghidupkan musik keras-keras.

Media Palestina tersebut juga menyebutkan terjadi konfrontasi antara warga dan militer Israel yang ingin memasuki area kubur Yusuf. Puluhan pemuda Palestina mengalami sesak nafas akaibat gas air mata yang ditembakkan militer Israel. Seorang  pemuda terpaksa diarikan ke rumah sakit setelah terkena peluru karet di bagian kepala.

Area kubur Yusuf merupakan sebuah masjid sebelum masa penjajahan berlangsung, di dalamnya terdapat kuburan seorang ulama bernama Yusuf Duwaikat. Warga Yahudi beranggapan bahwa kubur tersebut adalah kuburnya nabi Yusuf yang jasadnya dibawa dari Mesir untuk dimakamkan di tempat tersebut.

Warga Palestina Tepi Barat berkeyakinan kunjungan warga Israel tersebut merupakan strategi agama yang digunakan untuk memperluas wilayah jajahan Israel.

(T.HN/S:Qudspress)

leave a reply