Tiga warga Palestina meninggal dan 40 luka-luka dalam demonstrasi Jumat

Gaza, SPNA - Tiga warga Palestina meninggal dan 40 lainnya luka-luka dalam aksi demonstrasi .....

BY adminEdited Sat,22 Dec 2018,09:58 AM

Gaza, SPNA - Tiga warga Palestina meninggal dan 40 lainnya luka-luka dalam aksi demonstrasi di perbatasan Gaza-Israel, Jumat (21/12/2018).

Kementerian Kesehatan menyebutkan tiga warga Gaza meninggal dalam aksi demonstrasi pekanan di perbatasan. Ketiga warga tersebut adalah , Muhammad Mu’in Al-Jahjuh (16 tahun), terkena peluru di bagian kepala, Abdul Aziz Ibrahim Abu Syariah (28) dan Mahir Athiyyah Yasin (40). 

40 warga lainnya dikabarkan mengalami luka-luka akibat serangan militer Israel terhadap demonstran.

Termasuk di dalamnya dua wartawan dan dua anggota medis.

Ribuan warga Gaza turun ke perbatasan Gaza-Israel untuk melakukan unjuk rasa Masirat Audah Kubra yan telah memasuki pekan ke-39.

Sejak 30 Meret lalu, warga Gaza mengadakan unjuk rasa besar-besaran yang dikenal dengan Masirat Audha Kubra/The Great March of Return. Unjuk rasa ini biasa dilakukan setiap hari jumat di perbatasan darat Gaza-Israel. Juga setiap hari Senin di pantai perbatasan Gaza.

Melaluinya warga menuntut pembebasan Gaza dari blokade Israel dan hak untuk kembali ke tanah yang dijajah oleh Israel. Terkadang mereka juga mengambil tema konspirasi yang mendukung Israel dan berniat menjajah warga Palestina.

Sayangnya, aksi demonstrasi damai warga ini disambut dengan tembakan peluru tajam, peluru karet serta gas air mata militer Israel. Hal tersebut membuat ratusan warga Palestina Gaza kehilangan nyawa.

Selama aksi demonstrasi tersebut berlangsung, sebanyak 239 warga kehilangan nyawa. 44 di antaranya anak-anak dan 5 orang perempuan. Korban luka-luka dan cedera mencapai 25.700 orang.

(T.HN/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir