Kasus korupsi Netanyahu paksa Israel adakan pemilu dini April mendatang

Tel Aviv, SPNA - Pemimpin koalisi pemerintahan Israel, Senin (24/12/2018), memutuskan untuk membubarkan Knesset (Parlemen Israel) dan mengadakan pemilu dini pada tanggal 9 April.....

BY adminEdited Tue,25 Dec 2018,04:35 PM

Tel Aviv, SPNA - Pemimpin koalisi pemerintahan Israel, Senin (24/12/2018), memutuskan untuk membubarkan Knesset (Parlemen Israel) dan mengadakan pemilu dini pada tanggal 9 April mendatang. Keputusan tersebut berdasarkan petimbangan ‘keselamatan dan  tanggung jawab nasional.’

Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, memberitakan keputusan tersebut bemula dari perbedaan pendapat terkait Undang-Undang wajib militer bagi Yahudi religius.

Seharusnya, pemilu tersebut baru akan digelar pada bulan November 2019.

Alasan lainnya, pemerintah sekarang kehilangan menyoritasnya di Knesset pasca keluarnya partai Yisrael Beiteinu yang dipimpin oleh Avigdor Lieberman. Avigdor mengundurkan diri dari Menteri Pertahanan Israel pasca gencatan senjata yang berlangsung antara Israel dengan pejuang Palestina di Gaza. Gencatan senjata baginya merupakan sebuah kekalahan.

Ada juga yang mengaitkan pemilu dini ini dengan kasus korupsi yang melibatkan Netanyahu dan keluarganya. Jaksa Agung Israel berjanji akan menyelesaikan kasus korupsi tersebut pada awal tahun baru mendatang.

Situ berita Al-Masdar menyebutkan, Benjamin Netanyahu telah mengomentari keputusan pemimpin koalisinya tersebut. Ia mengatakan terpaksa mempertahankan pemerintahannya sampai hari ini demi menyelesaikan operasi ‘perisai utara’ untuk mencari terowongan Hizbullah di perbatasan Lebanon.

Menurutnya pemerintahannya telah memberikan kontribusi besar selama epat tahun ia memimpin. Salah satunya pengakuan Amerika terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel, serta pemindahan Kedutaan besar Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Netanyahu yakin dirinya mampu memenangi kembali kursi perdana menteri dalam pemilu April. Ia mengatakan, para pemimpin partai akan kembali ke pangkuannya apabila ia berhasil memenangkan pemilu.

(T.HN/S:Ramallah)

leave a reply