Israel klaim temukan terowongan ke lima milik Hizbullah

Tel Aviv, SPNA - Militer Israel, Rabu (26/12/2018), mengumumkan telah menemukan terowongan bawah tanah ke lima milik Hizbullah di perbatasan .....

BY adminEdited Thu,27 Dec 2018,09:26 AM

Tel Aviv, SPNA - Militer Israel, Rabu (26/12/2018), mengumumkan telah menemukan terowongan bawah tanah ke lima milik Hizbullah di perbatasan utara Israel dengan Lebanon.

Israel mengklaim terowongan tersebut digali dari desa Ayta Ash-Shab di Lebanon dan menembus perbatasan Israel. Situs berita Isarel Haaretz melaporkan, militer langsung menghancurkan terowongan tersebut beberapa saat setelah ditemukan.

Beberapa minggu terakhir, Israel rutin mengumumkan penemuan satu persatu terowongan milik Hizbullah. Sejauh ini lima terowongan telah berhasil ditemukan selama operasi ‘perisai utara’ berlangsung.

Dalam kunjungannya pada hari Selasa ke perbatasan utara, Perdana Menteri Israel yang sekaligus menjabat sebagai Menteri Pertahanan mengatakan, “Militer Israel telah mengerahkan kekuatan terbaiknya untuk menemukan terowongan bawah tanah.”

Awal bulan lalu, Israel umumkan lakukan operasi untuk mencari terowongan bawah tanah miik Hizbullah. Operasi ‘Perisai Utara’ tersebut diumumkan pasca pertemuan Benjamin Netanyahu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Senin sore (03/12/2018).

Pihak oposisi dari pemerintahan Netanyahu mempertanyakan kebijakannya tersebut. Mereka menganggap bahwa operasi ini hanya untuk mengalihkan isu korupsi yang sedang mengintai Netanyahu.

Kepala oposisi Israel Tzipi Livni mengatakan, “Netanyahu sedang mencari alasan untuk menunda pelaksanaan pemilu dini.”

Seorang anggot Knesset (Parlemen Israel) berkomentar, “Netanyahu tidak sedang membangun perisai perbatasan Utara Israel, ia sedang membangun perisai dirinya sendiri.”

(T.HN/S: Pasawa)

leave a reply