Netanyahu tekan Presiden Brazil untuk pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Tel Aviv, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan dirinya akan menekan presiden Brazil, Jair Bolsonaro, ....

BY 4adminEdited Sun,30 Dec 2018,11:24 AM

Tel Aviv, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan dirinya akan menekan presiden Brazil, Jair Bolsonaro, untuk melaksanakan niatnya memindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pernyataan tersebut di sampaikan beberapa saat sebelum Netanyahu bertemu dengan Jair di Brazil, Jumat (28/12/2018).

Awal bulan November lalu, Jair sempat membicarakan rencananya tersebut kepada salah satu media Israel, Israel Hayom. Namun seminggu kemudian  ia menarik ucapannya, dan menyatakan keputusannya tersebut belum final.

Seusai pertemuan, Netanyahu menyebutkan pertemuannya tersebut sebagai peristiwa bersejarah. Pasalnya itu adalah pertama kalinya Perdana Menteri Israel datang ke negara sepak bola tersebut.

Kedua kepala negara sepakat untuk memperkuat kerjasama antar kedua negara. Namun demikian Brazil tidak mengumumkan pemindahan Kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem, sebagaimana yang diprediksikan oleh banyak pihak.

Netanyahu mengatakan Israel dapat membantu Israel dalam bidang ekonomi, keamanan, pertanian dan sumber air bagi Brazil.

Situs Reuters menyebutkan bahwa Presiden Brazil mengurungkan niatnya terkait pemindahan Kedutaan karena mendapat tekanan dari pejabat di Kementerian Pertanian Brazil. Mereka melihat, kebijakan yang keluru terhadap Palestina akan berakibat pada sektor ekspor daging mereka ke negara Arab.

(T.HN/S: Sputniknews)

leave a reply