Israel menjadi negara 'paling dikecam' di PBB sepanjang 2018

New York, SPNA - Israel adalah negara yang paling dikutuk di PBB sepanjang 2018.  Majelis Umum PBB telah mengeluarkan setidaknya 20 resolusi terhadap Tel Aviv ....

BY 4adminEdited Tue,01 Jan 2019,10:54 AM

New York, SPNA - Israel adalah negara yang paling dikutuk di PBB sepanjang 2018.  Majelis Umum PBB telah mengeluarkan setidaknya 20 resolusi terhadap Tel Aviv atas tindak pelanggaran hak asasi manusia, permukiman ilegal di wilayah Palestina yang diduduki dan pendudukan berkelanjutannya di Yerusalem Timur, Anadolu Agency melaporkan.

Setidaknya enam upaya yang dilakukan pada akhir November berusaha menarik perhatian pada konflik Israel-Palestina, dan resolusi terpisah yang disahkan pada bulan Desember memperbaharui kecaman atas pengakuan sepihak AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Resolusi yang disahkan tahun ini lebih lanjut menyuarakan dukungan untuk upaya yang telah lama terhenti, yaitu solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina. Resolusi lainnya adalah mengutuk pendudukan Israel yang berlanjut atas Dataran Tinggi Golan Suriah.

Upaya pimpinan AS untuk mengutuk Hamas, yang digambarkannya sebagai "organisasi teroris," gagal mendapatkan daya tarik yang cukup dalam Majelis Umum.

Resolusi itu dipelopori oleh Nikki Haley, utusan PBB yang akan mengundurkan diri. Dia mengatakan bahwa PBB mengutuk Israel setidaknya 500 kali selama bertahun-tahun.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir