Militer Israel tangkap dua nelayan Palestina di laut Gaza

Gaza, SPNA - Angkatan laut Israel, Selasa (01/01/2019) menangkap dua nelayan Palestina di ...

BY 4adminEdited Wed,02 Jan 2019,12:35 PM

Gaza, SPNA - Angkatan laut Israel, Selasa (01/01/2019) menangkap dua nelayan Palestina di Laut Gaza serta menahan perahu milik mereka.

Federasi Komite Pekerja Pertanian Palestina mengatakan keamanan laut Israel, pagi Selasa, menembaki para nelayan Gaza yang sedang menangkap ikan di laut Gaza. Saat kejadian terjadi, mereka sedang berada pada  kejauhan enam mil dari pantai Gaza.

Federasi tersebut juga mengkonfirmasikan bahwa pihak Israel telah mengkap dua nelayan serta menyita perahu milik mereka.

Kedua nelayan tersebut adalah Isa Asy-Syarafi (60 tahun) dan anaknya Mahmud (30).

Aksi penyerangan terhadap nelayan Gaza terus terjadi setiap harinya. Di samping kejahatan lainnya yang dilakukan Israel di daratan terhadap warga Palestina Gaza dan Tepi Barat.

Menurut data yang dikeluarkan Badan pemerhati tahanan Palestina, Militer Israel menahan sebanyak 191 warga Palestina Gaza selama periode 2018. 70 di antara mereka adalah nelayan yang ditangkap di laut Gaza. Sampai saat ini masih terdapat lima nelayan Gaza yang mendekam di balik jeruji Israel, sedangkan sisanya telah dibebaskan.

Dalam perjanjian Oslo yang ditandatangani pada tahun 1993 antara Pemerintah Palestina dan Israel tertulis, para nelayan Gaza diperbolehkan untuk menjelajahi laut mereka sejauh 20 mil dari panta Gaza.

Akan tetapi Israel mengingkari perjanjian tersebut dan mempersempit kawasan penangkapan ikan warga Gaza hingga menjadi enam mil dari pantai.

(T.HN/S:Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Angkatan Laut Israel Tangkap 2 Nelayan Palestina di Laut Gaza

Hampir setiap hari, angkatan laut pendudukan Israel mengganggu, menembaki, hingga menahan kapal dan nelayan Palestina di Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah melakukan aktivitas penangkapan ikan sebagai sumber mata pencaharian mereka. Tindakan kejahatan penembakan ini dilakukan dengan dalih palsu dan dibuat-buat.