Menteri Energi Israel dijadwalkan bertemu As-Sisi di Kairo

Tel Aviv, SPNA -  Seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, Rabu (02/01/2019), menyebutkan bahwa Menteri Energi ....

BY 4adminEdited Thu,03 Jan 2019,01:06 PM

Tel Aviv, SPNA -  Seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, Rabu (02/01/2019), menyebutkan bahwa Menteri Energi Brazil, Yuval Steinitz, akan melakukan pertemuan dengan Presiden Mesir, Abdul Fattah As-Sisi di Kairo, bulan depan.

Stasiun TV Israel, i24News, melaporkan pertemuan tersebut akan berlangsung di sela Konferensi Energi yang akan diadakan di Mesir antara 11 sampai 13 Februari.

Meskipun Mesir merupakan pengekspor gas alam utama untuk wilayah Timur Tengah secara umum dan Israel secara khusus, akan tetapi kondisi menjadi berbanding terbalik beberapa tahun terakhir yang disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satunya akibat tidak stabilnya keamanan di Sinai dan munculnya kelompok Ansar Beit Madis yang merupakan anak dari gerakan ISIS.

Israel sendiri belakangan baru saja menemukan beberapa ladang gas yang baru. Hal tersebutlah yang memunkinkan mereka untuk melakukan kerjasama bersejarah dengan Mesir pada bulan Februasi lalu.  Kerjasama yang bernilai 15 juta USD.

Pada November lalu, Channel 2 Israel juga melaporkan bahwa Israel juga telah melakukan kesepakatan ekspor gas alam ke Yunani, Italia dan Cyprus. Langkah tersebut disebutkan akan mengurangi ketergantungan Eropa terhadap negara Arab.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply
Posting terakhir