Tawaran Netanyahu untuk Brazil agar pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Tel Aviv, SPNA - Israel sedang berusaha keras membujuk Brazil untuk melaksanakan niatnya memindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem....

BY 4adminEdited Thu,03 Jan 2019,01:10 PM

Tel Aviv, SPNA - Israel sedang berusaha keras membujuk Brazil untuk melaksanakan niatnya memindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem. Israel menawarkan Brazil sistem intelijen dan perangkat keamanan yang canggih.

Surat kabar Israel, Haaretz, menyebutkan seorang pejabat yang ikut bersama rombongan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, ke Brazil, mengatakan Israel melakukan diskusi dengan Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, terkait penjualan drone yang kecil dan besar.

Kunjungan Netanyahu ke Brazil tersebut dalam rangka menghadiri prosesi pengambilan sumpah presiden Bolsonaro, yang baru saja terpilih menjadi orang nomor wahid di negara sepak bola tersebut.

Seperti biasanya, Israel tidak memberikan syarat penggunaan kepada kolega yang membeli senjata dari mereka. Begitu juga dengan drone yang akan dijual untuk Brazil. Israel tidak menyebutkan bahwa drone tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan polisi misalnya.

Pejabat tersebut menyebutkan angka pembunuhan di Brazil lebih tinggi 30 kali lipat dibandingkan dengan Israel.

Pesawat pengintai yang kemungkinan sebagiaanya akan dijual untuk brazil, Israel sendiri akan mulai mengoperasikannya pada bulan Januari ini.

Kabarnya pesawat tanpa awak tersebut akan ditempatkan di jalan 443 yang menghubungkan Yerusalem dan Tel Aviv. Sebuah jalan utama Israel yang sebagian besarnya terletak di wilayah Tepi Barat, Palestina. Pemuda Palestina Tepi Barat sering menggunakan jalan 443 untuk melempari bus Israel yang melintas dengan batu.

Pesawat ini kabarnya dapat mendeteksi wajah yang sangat berguna ketika sedang mengejar buronan.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply