Israel tahan 14 warga Palestina di jalur penyeberangan Al-Karamah

Tepi Barat, SPNA - Pemerintah Israel pekan lalu menahan 14 warga Palestina yang ingin melakukan perjalanan melalui jalur penyeberangan Al-Karamah. ....

BY 4adminEdited Sun,06 Jan 2019,10:53 AM

Tepi Barat, SPNA - Pemerintah Israel pekan lalu menahan 14 warga Palestina yang ingin melakukan perjalanan melalui jalur penyeberangan Al-Karamah. Al-Karamah merupakan satu-satunya jalur penyeberangan yang menghubungkan Tepi Barat dengan dunia luar melalui Yordania.

Kepolisian Palestina dalam sebuah konfirmasinya, Sabtu (05/01/2019), menjelaskan bahwa Israel memulangkan 14 warga Tepi Barat dalam sepekan lalu, yang ingin melakukan perjalanan melalui perbatasan Karamah, karena alasan keamanan.

Kepolisian juga menambahkan, terdapat 32 ribu warga yang keluar masuk melaui pintu perbatasan tersebut selama sepekan. Selain itu 187 warga lainnya ditangkap karena terlibat kasus pidana

Sejak Israel menguasai Tepi Barat, mereka membuat sebuah pintu penyeberangan menuju Yordania yang diberi nama penyeberangan Karamah atau penyeberangan Malik Al-Husain dalam bahasa Arab dan disebut penyerberangan Nabi dalam bahasa Ibrani Israel.

Penyeberangan tersebut terletak 55km di barat Amman, dikhususkan sebagai gerbang keluar masuknya warga Tepi Barat.

Terdapat juga jalur penyeberangan lainnya, yaitu penyeberangan Syekh Husein yang terletak 90km di utara Amman.

Namun jalur ini hanya dimanfaatkan untuk aktivitas perdagangan, dan kemudian dikhususkan sebagai pintu masuk bagi warga Israel dan pelancong asing serta warga Palestina yang membawa paspor Israel.

(T.HN/S:Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Pemerintah Israel kembali buka dua jalur penyeberangan di Gaza

Pemerintah Israel, Minggu pagi (31/03/2019) membuka kembali jalur penyeberangan Beit Hanoun dan Karem Abu Salem yang telah ditutup selama seminggu. Penutupan kedua jalur tersebut terjadi setelah roket milik gerakan pejuang Gaza mendarat di dekat Tel Aviv serta melukai 7 warga Israel.

Israel tutup jalur penyeberangan Erez

Gaza, SPNA -  Militer Israel, Minggu pagi (19/08/2018), kembali menutup jalur penyeberangan Erez di Utara Gaza. Mereka berdalih ingin menertibkan pawai laut yang dilakukan warga Gaza .....