Tahanan Palestina penderita kanker terancam meninggal

Ramallah, SPNA - Persatuan Narapidana  Palestina (PPS), Selasa (08/01/2019), mengatakan bahwa tahanan Palestina Sami Abu Dayyak (35) ...

BY adminEdited Thu,10 Jan 2019,11:44 AM

Ramallah, SPNA - Persatuan Narapidana  Palestina (PPS), Selasa (08/01/2019), mengatakan bahwa tahanan Palestina Sami Abu Dayyak (35) bisa meninggal setiap saat di klinik penjara Ramla.

Seorang pengacara PPS mengatakan, mengutip perwakilan tahanan Palestina di penjara Ramla Israel, bahwa kesehatan Abu Dayyak yang dilanda kanker telah memburuk secara serius.

PPS mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa Abu Dayyak didiagnosis menderita kanker lebih dari tiga tahun lalu. Dia juga menjadi korban malpraktik medis di Rumah Sakit Soroka Israel pada 2015 yang kemudian menyebabkan gagal ginjal dan paru-paru.

Abu Dayyak, seorang penduduk Jenin yang telah ditahan sejak tahun 2002, dijatuhi hukuman penjara seumur. Dia adalah satu dari 700 warga Palestina di penjara Israel yang membutuhkan perawatan darurat.

Kepala PPS Qaddoura Fares meminta Israel bertanggung jawab atas kehidupan Abu Dayyak yang harus dibebaskan dan diizinkan berobat sesegera mungkin.

Tarif meminta Organisasi Kesehatan Dunia untuk memikul tanggung jawab mengenai pelanggaran yang dilakukan terhadap tahanan yang sakit di penjara Israel.

(T.RA/S: PIC)

leave a reply