Israel hentikan operasi pencarian terowongan Hizbullah di perbatasan Utara

Tel Aviv, SPNA - Israel umumkan hentikan operasi Perisai Utara di perbatasan Israel-Lebanon. Pengumumam tersebut berbarengan dengan penemuan .....

BY 4adminEdited Mon,14 Jan 2019,11:41 AM

Tel Aviv, SPNA - Israel umumkan hentikan operasi Perisai Utara di perbatasan Israel-Lebanon. Pengumumam tersebut berbarengan dengan penemuan terowongan bawah tanah ke enam milik Hizbullah.

Juru bicara Militer Israel menyebutkan, terowongan Hizbullah tersebut di gali pada kedalaman 30m dan telah merangsek masuk puluhan meter ke wilayah Israel. Terowongan tersebut ditemukan di dekat  Ramyah, salah satu perkampungan Lebanon yang terletak di dekat perbatasan Israel.

Pihak Israel menyebutkan, operasi Perisai Utara telah membawa hasil yang sangat besar. Masih banyak terowongan lainnya dalam masa penggalian di wilayah Lebanon, namun tidak membahayakan Israel.

Meski operasi telah dihentikan, pembangunan terowongan bawah tanah Hizbullah tetap akan menjadi prioritas militer Israel untuk mengamankan perbatasan.

Terowongan tersebut, menurut taksiran Israel, dibangun Hizbullah untuk mengirim pasukannya dari bawah tanah untuk menyerang Israel.

Awal bulan Desember lalu, Israel umumkan adakan operasi untuk mencari terowongan bawah tanah miik Hizbullah. Operasi ‘Perisai Utara’ tersebut diumumkan pasca pertemuan Benjamin Netanyahu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo.

Pihak oposisi tetap mempertanyakan kebijakannya tersebut. Mereka menganggap operasi ini hanya untuk mengalihkan isu korupsi yang sedang mengintai Netanyahu.

Kepala oposisi Israel Tzipi Livni mengatakan, “Netanyahu sedang mencari alasan untuk menunda pelaksanaan pemilu dini.”

Seorang anggota Knesset (Parlemen Israel) berkomentar, “Netanyahu tidak sedang membangun perisai perbatasan Utara Israel, ia sedang membuat perisai untuk dirinya.”

(T.HN/S: Paltoday.tv)

leave a reply
Posting terakhir