Warga Palestina berseragam militer tertangkap di perbatasan Israel

Nazareth, SPNA - Militer Israel kemarin Jumat (18/01/2019), melaporkan penangkapan seorang pemuda Palestina karena melewati pagar ....

BY 4adminEdited Sat,19 Jan 2019,11:04 AM

Nazareth, SPNA - Militer Israel kemarin Jumat (18/01/2019), melaporkan penangkapan seorang pemuda Palestina karena melewati pagar perbatasan di Utara Gaza.

Situs berita Israel, 0404, menyebutkan pemuda tersebut menyusup dengan menggunakan pakaian Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Informasi dari media yang dekat dengan militer Israel menyatakan bahwa tawanan Palestina tersebut langsung digiring ke pos pemeriksaan untuk diinterogasi. Ia disebutkan tidak membawa senjata apapun.

Akibat himpitan ekonomi, banyak pemuda Palestina Gaza yang nekat menerobos perbatasan untuk masuk ke wilayah yang dikuasai Israel pada tahun 1948. Mereka berharap mendapatkan penghasilan cukup dengan bekerja di sana.

Ambruknya ekonomi Gaza disebabkan oleh satu faktor utama yang sudah berlangsung selama belasan tahun, yaitu blokade Israel. Seluruh jalur yang menghubungakan Gaza dangan dunia luar dikuasai Israel. Barang-barang produksi dan kebutuhan pokok yang ingin masuk ke Gaza harus mendapatkan izin dari petugas perbatasan Israel.

PBB pernah menempatkan Palestina sebagai wilayah dengan kondisi ekonomi terparah dan jumlah pengangguran terbesar di dunia.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply