Dublin boikot produk Israel, Netanyahu panggil Duta Besar Irlandia

Tel Aviv, SPNA - Kementerian Luar Negeri Israel, Jum’at (25/01/2019) dilaporkan memanggil Duta Besar Irlandia. ...

BY 4adminEdited Sat,26 Jan 2019,01:58 PM

Tel Aviv, SPNA - Kementerian Luar Negeri Israel, Jum’at (25/01/2019) dilaporkan memanggil Duta Besar Irlandia. Pemanggilan tersebut dilakukan pasca keputusan Parlemen Irlandia, Kamis lalu yang menetapkan undang-undang boikot produk Israel .

Berdasarkan keterangan Bloomberg yang dikutip Rt Arabic, undang-undang yang disetujui 78 anggota Parlemen tersebut melarang kerjasama perdagangan dengan perusahan Israel yang beroperasi di permukiman ilegal di Tepi Barat.

UU tersebut juga menegaskan akan menghukum siapapun yang mencoba mengimpor atau menfasilitasi impor produk Israel dari wilayah Palestina yang terjajah.

Selain itu Irlandia juga menegaskan akan menghukum warganya yang membantu dan berpartisipasi Israel dalam mengeksploitasi hasil alam di Palestina yang diduduki.

Keputusan tersebut membuat Perdana Menteri Israel Netanyahu berang. “Alih-alih mengutuk Suriah yang membunuh ratusan ribu warga sipil, atau Turki yang menduduki Cyprus utara, atau mengecam teroris Palestina yang membunuh ribuan warga Yahudi, Irlandia justru menyerang Israel, satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah, ” tulisnya di Twitter.

Sebelumnya Netanyahu juga sudah menegaskan akan memanggil Dubes Irlandia untuk memprotes keputusan tersebut.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir