PBB: Gaza di ambang krisis kemanusian terparah

PBB menyebutkan bahwa Gaza sedang berada di ambang krisis kemanusian terburuk. Organisasi antar negara tersebut mengajak semua pihak berpartisipasi menyelamatkan warga Palestina Gaza.

BY 4adminEdited Sat,02 Feb 2019,09:43 AM

Gaza, SPNA - PBB mengeluarkan pernyataan terkait krisis kemanusiaan di Gaza. Gaza disebutkan berada di ambang krisis kemanusiaan teparah.

Stéphane Dujarric yang menjabat sebagai juru bicara resmi dari Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, dalam sebuah pertemuan pers mengatakan, kita membutuhkan dana sebesar 148 juta USD untuk beroperasi di Tepi Barat selama periode 2019.

Dujarric mengatakan, “Berdasarkan data terbaru, Gaza sedang menghadapai krisis kemanusiaan terparah dalam sejarahnya. Pihak kesehatan berjuang menyelamatkan ribuan korban demonstrasi perbatasan yang digelar sepanjang 2018. Unjuk rasa tersebut telah merenggut 180 nyawa warga Palestina dan mencederai 23 ribu warga lainnya.”

Di samping persediaan medis yang menipis, pihak kesehatan Gaza juga dihadapkan pada permasalahan serius lainnya. Permasalahan terseut ada pada langkanya BBM yang dibutuhkan untuk menghidupkan pembangkit listrik di Gaza. Beberapa lembaga kesehatan malah telah berhenti beroperasi sejak Desember lalu.

Menurut pengakuan Dujarric persediaan obat-obatan di rumah sakit hanya cukup digunakan untuk satu bulan ke depan.

Koordinator Kemanusiaan PBB di Palestina, Jamie Mcgoldrick, menyambut baik bantuan kemanusian yang diberikan Qatar sebesar 20 juta USD. Pasca penolakan Hamas terhadap bantuan Qatar pakan lalu, negara tersebut mengalihkan bantuannya ke PBB untuk dipergunakan pada program-program kemanusiaan.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB tersebut mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menyelamatkan dua juta penduduk Gaza yang hidup di bawah blokade Israel.

(T.HN/S: Gazaalan)

leave a reply
Posting terakhir