UNRWA luncurkan ‘Seruan Darurat Krisis Suriah’ bagi pengungsi Palestina di Suria

UNRWA meluncurkan “Seruan Darurat Regional Suriah 2019” untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa para pengungsi Palestina di Suriah, Yordania dan Libanon.

BY 4adminEdited Mon,04 Feb 2019,10:16 AM

Bethlehem, SPNA - Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) meluncurkan Seruan Darurat Regional Suriah 2019 (Seruan Suriah) dengan total US $ 276,9 juta.

UNRWA mengatakan dalam siaran persnya, "Dana yang dihimpun melalui seruan ini akan memberikan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa para pengungsi Palestina di Suriah, Yordania dan Libanon yang terus menghadapi kebutuhan kemanusiaan dan perlindungan yang signifikan."

Dari perkiraan 438.000 pengungsi Palestina yang tersisa di Suriah, 60% telah mengungsi setidaknya satu kali sejak awal konflik dan sepertiganya memiliki rumah yang rusak atau hancur.

Lebih dari 120.000 pengungsi Palestina dari Suriah telah melarikan diri dari negara itu, termasuk lebih dari 28.000 yang saat ini hadir di Lebanon dan 17.719 di Yordania, di mana banyak dari mereka menghadapi situasi genting dan terpinggirkan akibat status hukum mereka yang tidak pasti dan mekanisme perlindungan sosial yang buruk.

Pada tahun 2018, UNRWA dihadapkan dengan defisit keuangan terbesar dalam sejarahnya, yang juga mempengaruhi pendanaan Seruan Darurat Suriah tahun 2018. Akibatnya, pengiriman layanan kemanusiaan untuk mengurangi konsekuensi dari krisis regional Suriah. Misalnya, frekuensi dan putaran bantuan tunai kepada pengungsi Palestina yang paling rentan di Suriah dan Yordania harus dikurangi.

Menyusul krisis anggaran yang dramatis ini, para donor dan mitra UNRWA memobilisasi -melalui solidaritas yang kuat- para pengungsi Palestina dan kampanye penggalangan dana "Dignity is Priceless" yang memungkinkan lembaga itu menutup kesenjangan keuangan pada akhir tahun dan melanjutkan pengiriman layanannya tanpa gangguan.

Direktur Operasi UNRWA di Suriah, Muhammad Abdi Adar, menekankan “Meskipun lingkungan operasi yang menantang, UNRWA akan terus menyesuaikan intervensi untuk memenuhi kebutuhan vital para pengungsi Palestina yang telah terkena dampak konflik. Pengungsi Palestina tetap menjadi salah satu kelompok paling rentan di Suriah dan di seluruh wilayah. Lembaga ini akan terus memberikan bantuan darurat untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan dasar mereka. "Di bawah Seruan Suriah, UNRWA membutuhkan US $ 157 juta untuk memberikan bantuan tunai darurat, barang-barang non-makanan, dan bantuan makanan kepada lebih dari 484.000 pengungsi Palestina yang terkena dampak langsung konflik di wilayah tersebut.

Seruan ini akan memberikan bantuan tunai darurat kepada 418.000 pengungsi Palestina di Suriah, 28.800 di Lebanon dan 18.500 di Yordania. UNRWA membutuhkan US $ 83 juta lagi untuk memberikan kesempatan perawatan kesehatan darurat, pendidikan, perlindungan dan mata pencaharian darurat bagi para pengungsi Palestina yang terkena dampak konflik Suriah di seluruh wilayah.

(T.RA/S: Ma'an News)

 

leave a reply
Posting terakhir