Netanyahu dan Putin akan bertemu di Moskow bulan ini

Netanyahu dan Putin menggelar pembicaraan yang berfokus pada perkembangan di Suriah, khusunya terkait berlanjutnya penentangan Israel terhadap kehadiran militer Iran di negara itu.

BY 4adminEdited Wed,06 Feb 2019,10:19 AM

Yerusalem, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 21 Februari mendatang, media Israel mewartakan, Selasa (04/02/2019), kutip Anadolu Agency.

Pembicaraan itu akan menjadi pertemuan pertama di Moskow antara Putin dan Netanyahu sejak jatuhnya pesawat perang Rusia pada September lalu di Suriah - sebuah insiden di mana Moskow menyalahkan Israel pada saat itu.

Menurut Otoritas Penyiaran Israel, pembicaraan akan sebagian besar fokus pada perkembangan di Suriah dengan penekanan pada berlanjutnya penentangan Israel terhadap kehadiran militer Iran di negara yang lelah perang itu.

September lalu, beberapa F-16 Israel memasuki wilayah udara Suriah dengan tujuan untuk menyerang target militer Suriah di provinsi Latakia barat laut.

Ketika sistem pertahanan udara S-200 Suriah menanggapi pelanggaran itu, sebuah pesawat militer Rusia Il-20 ditabrak oleh sebuah rudal, menghancurkan pesawat dan membunuh semua 15 prajurit di dalamnya.Tak lama kemudian, Moskow - menyalahkan Israel atas insiden mematikan itu - mengumumkan keputusannya untuk memberi Damaskus sistem pertahanan rudal S-300 yang lebih canggih.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply